Analisis Kesulitan Belajar Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19 di Kelas V SD Muhammadiyah Kleco 1

Erna Arfiatun, Sugeng Riyanto

Abstract


Abstrak : Pada saat ini di Indonesia sedang terjadi masa pandemi covid-19 yang berdampak sangat pesat pada era pendidikan dampak yang terjadi karena adanya pandemi covid-19 Pembelajaran di laksanakan secara daring atau pembelajaran jarak jauh, tentunya menjadikannya hambatan dan kesulitan-kesulitan yang di hadapi guru maupun peserta didik, seperti halnya kesulitan memahami peelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan yang di hadapi oleh siswa khususnya dalam pembelajaran matematika untuk materi Hitungan Pecahan di masa pandemi covid-19 ini. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan metode studi kasus. Penelitian ini di lakukan di kelas V SD Muhammadiyah Kleco 1 Yogyakarta. Metode yang di gunakan dalam penelitan adalah kualitatif. Untuk objek pengumpulan data di lakukan melalui wawancara, observasi, dan pemberian soal. Hasil dari penelitian ini yaitu menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan siswa kesulitan belajar matematika dengan materi operasi hitung pecahan yaitu faktor kondisi fisik siswa dan segala aspek dari materi operasi hitung pecahan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi tentang hitungan pecahan yang di sebabkan oleh peserta didik belum mampu merubah bentuk pecahan, masih sulit memahami konsep perkalian, belum memahami cara menyamakan penyebut.

 


Full Text:

PDF

References


Refrensi

Swaratifani, Y., & Budiharti. (2021). Vol 1 No 1. Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran.

Ahmad , A., & Widodo , S. (2013). Psikologi Belajar.

Astuty, K., & Wijayanti, P. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Kelas V Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Pecahan.

Badarudin, Kadir, & Angga, M. (2015). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal-soal Operasi Hitung Pecahan Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika.

Ernawati, L., & Aminah, Y. (2016). Economic Education Analysis Journal.

Hartini, T. N. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Kelas IV SDN Krian 2 dalam Menyelesaikan

Soal Matematika Materi Pecahan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.