Peran Layanan Bimbingan Klasikal Teknik Ekspositori Untuk Mencegah Perilaku Merokok

Alamsah Muliarahmat

Abstract


Perilaku merokok mudah sekali untuk dijumpai dalam kehiduapan sehari-hari, kita dapat menjumpai orang yang merokok di tempat umum, seperti di jalanan, pasar, rumah sakit, bahkan di lingkungan pendidikan pun sering dijumpai. Oleh karena itu, peneliti yang merupakan mahasiswa BK harus ikut turut serta dalam mencegah perilaku merokok ini terutama dalam lingkungan pendidikan khususnya para peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dengan teknik ekspositori yang dilakukan pada siswa kelas VI di SD Negeri 1 Kertaharja. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Layanan bimbingan klasikal sejatinya merupakan salah satu cara yang digunakan sebagai langkah preventif dari tindakan-tindakan atau perilaku-perilaku negatif yang mungkin dapat terjadi pada setiap orang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Kertaharja yang berjumlah 27 orang.

Full Text:

PDF

References


Nasution, I. K. (2007). Perilaku merokok pada remaja. Medan: Universitas Sumatra Utara: http://library. usu. ac. id.

Komasari, D., & Helmi, A. F. (2000). Faktor-faktor penyebab perilaku merokok pada remaja. Jurnal Psikologi, 27(1), 37-47.

Sirait, A. M., Pradono, Y., & Toruan, I. L. (2002). Perilaku merokok di Indonesia. Buletin Penelitian Kesehatan, 30(3).

Alamsyah, A., & Nopianto, N. (2017). Determinan perilaku merokok pada remaja. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 2(1), 25-30.

Ulfa, N. F., Widyastuti, D. A., & Muhliawati, Y. (2020). Upaya Mereduksi Keinginan Merokok Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Diskusi Pada Siswa Kelas X Tkro 6 Smk Ma’arif 2 Gombong.

Nurbaeti, S. D. (2020). Bimbingan sosial dalam upaya meminimalisir perilaku merokok pada siswa: Penelitian pada siswa kelas XI di SMK Amal Bakti Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Astuti, K. (2012). Gambaran perilaku merokok pada remaja di kabupaten bantul. Insight, 10(1), 77-87.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.