PEMBELAJARAN DARING: ANALISIS KEAKTIFAN PEMBELAJARAN SISWA PADA MASA PENDEMI COVID-19

Enggal Miftahul Jannah, Abdul Ghofar

Abstract


Abstrak: Keaktifan belajar siswa ialah aspek penting dalam  pembelajran yang melibatkan peran siswa dan guru sehingga mendapatkan pembelajaran sesuai tujuan. Maksud tujuan artikel ini yaitu untuk mengetahui keaktifan belajar siswa pada masa pendemi covid-19 dengan sistem pembelajaran daring. penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang berupa hasil observasi selama saya mengikuti kegiatan PLP 2. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 1 Wates, fokus subjek dalam artikel penelitian ini ialah pendidik dan siswa-siswi kelas X TKJ  SMK Muhammadiyah 1 Wates. Hasil dari penelitian ini ialah  keaktifan belajar siswa dengan sistem pembelajaran daring di kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 1 Wates cukup beragam, sesuai dengan macam-macam aspek keaktifan. Masing-masing siswa tersebut melakukan kegiatan pembelajaran sebagaimana mestinya dengan cara memberikan tindakan, jawaban maupun argument positif dalam kegitan belajar berlangsung.

 kata kunci: keaktifan pembelajaran siswa, pembelajaran daring


Full Text:

PDF

References


Abdul, A. (2017), Metode dan Model-Model Kegiatan Mengajar, Rineka Cipta.

Ahmad, R. (2010), Pengelolaan Pengajaran, Rineka Cipta.

Lestari, I. (2013), Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi Sesuai Tingkat Satuan Pendidikan. Padang: Akadenia Permata.

Moleong, L, J. (2018), Metode Penelitian Kualitatif, Rineka Cipta.

Mustakim. (2020), Evektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Media Online Selama Pendemi Covid-19.

Segala, S. (2010), Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru.

Sudjana. (2010), Cara Belajar Siswa Secara Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Syaiful, B, D. (2013), Strategi Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Uno, H, B. (2010). Teknologi Komunikasi Dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Zaeni, Johara, A. (2016), Pengaruh Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Model Teams Gamestournaments (TGT) Kelas X1 IPA 5 di SMA N 15 Semarang. Seminar Nasional Pendidikan, Sains, dan Teknologi FMIPA Universitas Muhammadiyah Semarang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.