Adaptasi Program Pembelajaran Offline di Tengah PPKM Covid 19 Menambah Semangat dan Hasil Belajar Kelas 2 SD Muhammadiyah Pandeyan

Isnaini Nur Qurota Ayun, Isnaini Nur Hasan Rohadi, Ragil Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana siswa kelas 2 di SD Muhammadiyah Pandeyan dalam pelaksanaan pembelajaran secara offline selama masa pandemi covid 19, 2) mengetahui bagaimana semangat dan hasil belajar siswa selama  offline dan online selama masa PPKM covid 19 di SD Muhammadiyah Pandeyan . Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan grounded teori. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dan di lapangan adalah observasi, wawancara dengan guru kelas 2 dan beberapa siswa kelas 2 SD Muhammadiyah Pandeyan dan menganalisis hanya mengungkapkan fenomena yang terjadi pada pembelajaran secara offline di Masa Pandemi covid 19. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa selama pembelajaran offline dan online di masa PPKM covid 19 di SD Muhammadiyah Pandeyan . Proses pembelajaran secara offline dilaksanakan di SD Muhammadiyah Pandeyan level 1 di tengah PPKM dan mengingat siswa membutuhkan pembelajaran secara offline dibandingkan online,

Full Text:

PDF

References


Jurnal Artikel

Anhusadar, L. O. (2020). Evalusi Pelksanan Standar Produk Hasil Belajar PAda Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan , 34-45.

Asih, B. B. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid 19 Di SDMU Ahmad Dahlan Braja Selebah. As-Salam I , 241-256.

Dewi, W. A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pengetahuan , 1-7.

Sihontang, H. (2020). Penerapan Belajar Mandiri Dengan Strategi Efektif Pada Masa Pandemi Covid 19 Bagi Remja Hkbp Duren Jaya Bekasi. Jurnal Comunita Servizio , 393-405.

Book

Sulihin Mustafa, H. R. (2021). Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Pada Masa Pandemi Covid 19 Di SMA. Jakarta : Kementrain Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Direktorat Jendrl, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Dan Pendidikan Menengah Direktorat Sekolah Menengah Atas.

Web

COLLAGE, N. (2020, Januari 16). Kelebihan Bimbel Offline Dibandingkan Bimbel Online di NUSAGAMA. Retrieved September 22, 2021, from https://nusagama.com/kelebihan-bimbel-offline-dibandingkan-bimbel-online-di-nusagama/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.