Pemanfaatan Aplikasi Zoom dalam Pembelajaran Daring Bagi Siswa SD di Masa Pandemi

Amalia Nur Khasanah, Hanum Hanifa Sukma

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manfaat media zoom dalam pembelajaran daring bagi siswa Sekolah Dasar di masa pandemi. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu motode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari hasil observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Untuk memudahkan guru dan siswa dalam pembelajaran daring, SD Muhammadiyah Kadisoka memanfaatkan aplikasi zoom meeting. Media pembelajaran zoom ini terdapat berbagai fitur yang digunakan untuk komunikasi secara langsung melalui video conference. Hasil observasi dan wawancara dapat dinyatakan bahwa siswa dan guru SD Muhammadiyah Kadisoka mendapatkan hasil dari pemanfaatan aplikasi atau media zoom dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Pembelajaran melalui  zoom meeting ini menjadi salah satu solusi alternatif dalam pembelajaran secara daring. Siswa dapat memahami materi yang dijelaskan guru, dan guru juga dimudahkan dalam penyampaian materi ajar melalui zoom meeting sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan baik.


Full Text:

PDF

References


Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Lampuhyang, 11(2), 13-25.

Astuti, A. D., & Prestiadi, D. (2020, June). Efektivitas penggunaan media belajar dengan system daring ditengah pandemi Covid-19. In Prosiding Web-Seminar Nasional (Webinar) (Vol. 20, pp. 129-135).

Effendi, M. Y. (2021, August). Efektifitas Penggunaan Media Zoom Siswa Kelas V SDN Sumberejo II Surabaya. In Proceeding: The Annual International Conference on Islamic Education (Vol. 5, No. 1, pp. 76-82).

Gunawan, I. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Daring Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19 Melalui Pemanfaatan Fitur Aplikasi Zoom Di Sd Negeri 77 Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 7(2).

Kelana, J. B., Wulandari, M. A., & Wardani, D. S. (2021). Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting di Masa Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran Sains. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 18-22.

Kholyssa Mauly, Y., & Abidin, Z. (2020). Metode Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Online pada Masa Pandemi Covid-19 di SMPIT Az-Zahra Sragen Tahun Pembelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Kuntarto, E., Sofwan, M., & Mulyani, N. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan Aplikasi Zoom Dalam Pembelajaran Daring Bagi Guru Dan Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 49-62.

Marsiding, Z. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Zoom Terhadap Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pranata Edu, 2(1), 33-39.

Ma'ruufah, M. A., Gestiardi, R., & Chumdari, M. (2021). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Daring Era Covid-19 Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Nalar Pendidikan, 9(1), 36-42.

Setiani, A. (2020). Efektivitas Proses Belajar Aplikasi Zoom di Masa Pandemi dan Setelah Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 523-530).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.