Kesiapan Belajar Siswa Kelas 1 di SD Muhammadiyah Kleco 3 Pada Masa Pembelajaran Dalam Jaringan

Rifka Annisa Oktafia, Sugeng Riyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan kesiapan siswa sekolah dasar dalam belajar daring  siswa kelas I di SD Muhammadiyah Kleco 3. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang saya gunakan ialah pengamatan dan wawancara melalui aplikasi whatsapp serta zoom metting ketika proses belajar mengajar berlangsung. Hasil penelitian yang saya dapatkan menunjukkan bahwa siswa sudah siap dalam hal teknologi (smartphone atau laptop),  koneksi internet yang setabil serta kuota internet yang memadai; siswa belum mengerti cara menggunakan jaringan internet serta belum terbiasa mengoperasikan platform zoom dan rubeco yang di gunakan sebagai sarana pembelajaran; orang tua sangat terlibat dalam membantu terlaksananya pembelajaran daring ini; siswa belum bisa mengatur waktu belajar secara maksimal.

Full Text:

PDF PDF

References


Fathiyah Isbaniah, d. (Maret 2020). Pedoman Pencegahan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Kemendikbud. 2020. Surat edaran pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran coronavirus Disease (covid- 19). Diakses 23 November 2020, dari https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/SE%20Menteri.

Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1, 113-123.

Sadikin, A. & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214-224.

Wahyu. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 2 No 1 April


Refbacks

  • There are currently no refbacks.