Pengaruh Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Siswa Kelas 1 SD Muhammaiyah Blawong 1 Jetis

Wisnu Kurniawan, Hanum Hanifa Sukma

Abstract


Penelitian bertujuan agar dapat memahami pengaruh yang didapatkan atas pengimplementasian dari sistem pembelajaran jarak jauh atau yang disingkat dengan ( PJJ) pada kondisi pandemi yang berada pada SD Muhammadiyah blawong 1 Jetis. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, berjenis kualitatif dengan sifat deskriptif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka fokus utama dalam penelitian adalah penerapan proses pembelajaran jarak jauh sebab adanya keberadaan covid-19. Sasaran yang ditunjuk  khususnya terhadap siswa kelas 1 yang berada di SD Muhammadiyah blawong 1 Jetis dengan jumlah keseluruhan anak berkisar 22 anak, yang dalam pengklasifikasiannya terdapat 12 anak laki-laki dan sisanya 10 perempuan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan penelitian diantaranya  wawancara beserta kuisioner. Sementara teknik yang dimanfaatkan dalam  menganalisis data jenis kualitatif tersebut ialah mereduksi data, memaparkan data serta mengambil suatu kesimpulan. Perolehan yang didapatkan dalam penelitian yang sudah dilakukan  memaparkan terkait dengan pengaruh dari pengimplementasian yang diterapkan oleh guru di SD Muhammadiyah blawong 1 Jetis terhadap kelas 1 dengan daring dan luring, yang menunjukkan sebagiannya diimplementasikan di sekolah, mengambil serta mengumpulkan beberapa tugas, sementara yang lainnya dikerjakan dirumah dengan daring melalui platform WhatsApp Group, Google form, YouTube, dan hal ini membuat siswa menjadi lebih tulis dalam mengkaji dan memahami materi pembelajaran selama sistem daring. sehingga bahan yang didapatkan dari hasil demikian menarik suatu kesimpulan terkait penerapan dari pembelajaran jarak jauh (PJJ) tidak begitu dapat diandalkan oleh siswa.

Full Text:

PDF

References


Azis, T. N. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains, 1(2): 308-318.

Daryanto & S. Karim. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Fatmawati. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Bantuan Media Gambar Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD 110 Jekka. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 14-15.

Fitriani, & Kadir, M. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Prediction Guide Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 30.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 9.

Nuralan, S. (2020). Kopetensi Pedagogik Guru Dalam Mendesain Pembelajaran di SD Negeri 23 Tolitoli. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 66.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh ditengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 32.

Parman, Z., & Sunusi, H. (2019). Kurikulum0 2013 Menuju Sistem Kredit Persemester dI Era 2020. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 39.

Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SD IT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 95.

Salehudin, M. (2020). Dampak Covid-19: Guru Mengadopsi Media Sosial Sebagai E-learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Mudarrisuna, 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.