Persepsi Siswa Smp Muhammadiyah 10 Yogyakarta Terhadap Penggunaan Aplikasi Whatsapp Untuk Pembelajaran Selama Daring

Evyyatul Fajriyah, Rahmi Mufangati, Hesti Dwi Astuti

Abstract


Pandemi covid-19 telah mengganggu proses pembelajaran secara konvensional, maka diperlukan solusi untuk menjawab permasalahan tersebut. Pembelajaran secara daring adalah salah satu alternatif yang dapat mengatasi solusi untuk permasalahan ini, tujuan penelitian adalah untuk memperoleh gambaran pelaksanaan pembelajaran daring melalui WhatsApp di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarata. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A, B, dan C SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarata. Data tersebut dikumpulkan dengan wawancara melalui WhatsApp Messenger. Penyelidikan informasi diselesaikan dengan menggunakan teknik penelitian kualitatif, yang merupakan cara atau usaha untuk menekunkan pada aspek pemahaman secata mendalam suatu masalah. Melalui metode kualitatif data yang dikumpulkan akan lebih mendalam tidak hanya di permukaan guna mendapatkan temuan yang lengkap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Beberapa siswa merasa senang dan beberapa siswa merasa bosan dengan pembelajaran daring melalui WhatsApp dan (2) Beberapa siswa merasa mudah memahami materi pembelajaran dan beberapa siswa merasa sukar untuk memahami materi pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Adytya, B.(2021, Januari 6). Persepsi adalah Tindakan Menyusun dan Mmengenali, Begini Jenis & Proses Terjadinya [article]. Merdeka.com. Terdapat pada https://www.merdeka.com/trending/persepsi-adalah-tindakan-menyusun-dan-mengenali-begini-jenis-amp-proses-terjadinya-kln.html?page=1

Amiiroh, Lesi and Syahrial, Syahrial and mansyah, alir (2020) Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Sosial WhatsApp pada Pembelajaran Secara Daring di Masa Pandemi Covid-19. S1 thesis, Universitas Jambi.

Asrial, A., Syahrial, S. dkk. (2019). Supporting Technology 4.0: Ethoconstructivist Multimedia for Elementary Schools

Pauddukmaskaltim. Kemendikbud. (2019). Mengenal Makna Pembelajaran. Terdaoat pada https://pauddikmaskaltim.kemdikbud.go.id/mengenal-makna pembelajaran/#:~:text=20%20Tahun%202003%20tentang%20Sisdiknas,belajar%20pada%20suatu%20lingkungan%20belajar.&text=Dengan%20kata%20lain%2C%20pembelajaran%20merupakan,agar%20terjadi%20suatu%20kegiatan%20belajar. Diakses pada 18 September 2021 jam 09.30 WIB

Kumalasari, D. (2014). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN AIR LIMBAH DOMESTIK DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial. https://eprints.uny.ac.id/18316/5/BAB%203%2010417141024.pdf. Diakses pada 20 September 2021 pada 13.03 WIB

Kurniawan, D. A, Perdana, R, & Nugroho, P. (2019). Supporting Technology 4.0: Ethoconstructivist Multimedia for Elementary School. Internasional Journal of Online & Biomedical Engineering, 15(14).

Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran di Indonesia. Education and Learning Journal.

BAB III _ Penelitian Kemampuan bina diri pada anak IDD di SLB Pelita Ilmu Semarang (http://www.repository.unika.ac.id/) Diakses pada 20 September 2021 pada 14.00 WIB http://repository.unika.ac.id/19088/5/18.E3.0097%20OKTAVIANE%20HOETOMO%20PUTRI%20%287.96%29..pdf%20BAB%20III.pdf.

Kisi-kisi Kuesioner Aspek (http://eprint.uny.ac.id) Diakses pada 21 September 2021 pada 19.30 WIB https://eprints.uny.ac.id/63377/9/Lampiran%201.pdf

BAB III Metodologi Penelitian industri kecil rambut palsu di Desa Karangbanjar, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga (http://repository.radenintan.ac.id) diakses pada 20 September 2021 pada 14.44 WIB http://repository.radenintan.ac.id/2013/4/4._BAB_III.pdf.

BAB III Metodologi Penelitian Pola Jaringan Sosial pada Industri Kecil Rambut Palsu di Desa Karangbanjar, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga (http://eprint.uny.ac.id) diakses pada 20 September 2021 pada 17.08 WIB https://eprints.uny.ac.id/18100/5/BAB%20III%2009.10.033%20Aji%20p.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.