Keefektifan Pembelajaran Daring Menggunakan Media Zoom Meeting dan YouTube di Madrasah Mu’allimin Yogyakarta

Victory Andreanto, Toni Kus Indratno

Abstract


Pandemi yang disebabkan oleh virus Covid-19 memaksa dunia pendidikan untuk tetap berjalan meskipun dengan pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui mengenai keefektifan dari kegitan pembelajaran daring menggunakan converence zoom dan virtua link youtobe pada materi besaran, satuan, dan dimensi peserta didik kelas X di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini ialah teknik observasi dan praktik langsung dilapangan. Berdasarkan riset peneliti yang telah dilaksanakan menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa kegiatan pembelajaran fisika dengan menggunakan media converence zoom lebih efektif dari pada kegiatan pembelajaran fisika dengan media virtual link youtobe.


Full Text:

PDF

References


Dewi, T. A. P. dan A. S. (2019). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 1(1), 1–9.

Ekawardhana, N. E. (2020). Efektivitas Pembelajaran dengan Menggunakan Media Video Conference. Prosiding Seminar Nasional Dan Ilmu Terapan, 4(Vol 4 No 1 (2020)), 1–7.

Mahendra, M. R. (2020). Youtube Sebagai Media Pembelajaran. Vocational Education of Building Construction, University of Jakarta, Jakarta, May, 1–4.

Marsiding, Z. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Zoom Terhadap Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pranata Edu, 2(1), 33–39. https://doi.org/10.36090/jipe.v2i1.931

Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630–1640. https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416


Refbacks

  • There are currently no refbacks.