Profil Gaya Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Kelas VIII A di SMP Muhammadiyah 1 Gamping

Wilin Setianingrum, Sri Hartini

Abstract


Gaya belajar sangat penting untuk mencapai keberhasilan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang gaya belajar siswa di masa pandemi saat ini. Sasaran penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 1 Gamping kelas VIII A. Metode yang digunakan dalam penelitian ini memanfaatkan penelitian melalui kuesioner dan wawancara pada formulir Google yang dibagikan melalui grup WhatsApp. Gaya belajar dibagi menjadi 3 bagian, yaitu gaya belajar visual melalui daya penglihatan, gaya belajar auditori melalui pendengaran, dan gaya belajar kinestetik melalui gerakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 20 siswa, 40% (8 siswa) memiliki gaya belajar visual, 35% gaya belajar auditori (7 orang), dan 25% memiliki gaya belajar kinestetik (5 orang).

Full Text:

PDF

References


ALDIYAH, E. (2021). Perubahan Gaya Belajar Di Masa Pandemi Covid-19. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(1), 8–16.

Al-Hamzah, I. N. F., & Awalludin, S. A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2246–2254.

Damanik, J. (2015). Gaya Belajar Mahasiswa yang Bekerja: Penelitian Di STKIP Purnama Jakarta. Jurnal Dinamika Pendidikan, 8(1), 25–34.

DePorter, B., & Hernacki, M. (2002). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan.(terjemahan Alwiyah Abdurrahman). Bandung: Kaifa (Buku asli diterbitkan tahun 1992. New York: Dell Publishing).

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan dalam masa pandemi covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48.

Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa smp dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2).

Sugiyono, S. (2013). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.