Penggunaan Google Meet Sebagai Penunjang Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar

Fika Ari Widyaningrum, Sri Tutur Martaningsih

Abstract


Adanya wabah pandemi COVID-19 berdampak bagi beberapa sektor, terutama dalam dunia pendidikan. Hal tersebut menuntut guru untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh secara daring (dalam jaringan). Aplikasi Google Meet banyak digunakan oleh guru di Indonesia, terutama guru pada tingkat sekolah dasar. Pada pembelajaran daring di tingkat sekolah dasar tentu harus lebih interaktif sehingga Google Meet dapat menunjang lancarnya pembelajaran daring di sekolah dasar. Aplikasi Google Meet dianggap lebih efektif dibandingkan dengan aplikasi lain, karena aplikasi ini mudah diakses dan banyak fitur yang dapat menunjang lancarnya pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan aplikasi Google Meet sebagai penunjang pembelajaran daring di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif-analisis.

Full Text:

PDF

References


Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 298-303).

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Isman, M. (2017). Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (Moda Daring). The Progressive And Fun Education Seminar, 586–588.

Juniartini, N. M. E., & Rasna, I. W. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Google Meet Dalam Keterampilan Menyimak Dan Berbicara Untuk Pembelajaran Bahasa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 133-141.

Kompri. 2017. BELAJAR FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA. Yogyakarta: Media Akademi.

Nurmala, Mela. (2021, Juli 19). Pengenalan Aplikasi Google Meet untuk Media Pembelajaran Daring Siswa SD Negeri Padawening. [Unggahan Blog]. Diakses dari https://www.kompasiana.com/melanurmala/60f5a96b1525106c1353a372/pengenalan-aplikasi-google-meet-untuk-media-pembelajaran-daring-siswa-sd-negeri-padawening

Octafian, D. T., Putri, M. P., & Andriani, E. (2021). Penggunaan Aplikasi Google Meet Sebagai Pendukung Kegiatan Mengajar Saat Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Guru SD N 149 Palembang. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(1), 154-160.

Pernantah, P. S., Nova, N., & Ramadhani, A. S. (2021). Penggunaan Aplikasi Google Meet dalam Menunjang Keefektifan Belajar Daring Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 3 Pekanbaru. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 42-47.

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi teknologi digital dalam pembelajaran di era industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42-54.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.

Rustaman, A. H. (2020). Efektivitas penggunaan aplikasi daring, video conference dan sosial media pada mata kuliah komputer grafis 1 di masa pandemi covid-19. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(3).

Wahyuni, V. N. (2021). Efektifitas penggunaan google meet dalam pembelajaran daring terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Al Islam Plus Krian Sidoarjo (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.