Kedisiplinan Belajar Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran Daring di SD Muhammadiyah Purwodiningratan 2 Yogyakarta

Rifcilia Aufa Shifa, Muhamad Fakhrur Saifudin

Abstract


Pengenalan Lapangan Persekolahan merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan. Mahasiswa terjun langsung untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan hasil dari penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang tidak bisa ditemukan dengan prosedur pengukuran tetapi menghasilkan data deskriptif atau kata-kata. Penelitian ini membahas mengenai kedisiplinan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran daring di kelas bawah dan kelas atas SD Muhammadiyah Purwodiningratan 2 Yogyakarta. Virus Covid-19 masih menyerang negara Indonesia sehingga masih terus dilaksanakan pembelajaran daring. Dalam pembelajaran daring tentunya akan muncul beberapa permasalahan salah satunya kedisiplinan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran daring. Dimana kebanyakan peserta didik masih suka telat atau mengalami kendala pada saat pembelajaran daring dengan menggunakan google meet secara sinkronus. Dengan beberapa kendala biasanya disebabkan karena peserta didik masih menggunakan android atau handphone orang tua dan jadwal peserta didik yang sering bertabrakan dengan kegiatan lainnya.

Full Text:

PDF

References


Anon. 2021. “3) 1,2,3.” 2(4):1179–86.

Febrianty, Dwi, and Wiputra Cendana. 2021. “Exemplary Teachers in Instilling Discipline for Elementary School Students through Online Learning.” Musamus Journal of Primary Education (April):81–89. doi: 10.35724/musjpe.v3i2.3302.

Ilpaj, Salma Matla, and Nunung Nurwati. 2020. “Analisis Pengaruh Tingkat Kematian Akibat Covid-19 Terhadap Kesehatan Mental Masyarakat Di Indonesia.” Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial 3(1):16. doi: 10.24198/focus.v3i1.28123.

Permatasari, Nindi Andriani, Deka Setiawan, and Lintang Kironoratri. 2021. “EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Model Penanaman Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pembelajaran Daring.” 3(6):3758–68.

Savira, Fitria, and Yudi Suharsono. 2020. “Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (Study From Home) Pada Masa Darurat Covid-19 Di Smp Muhammadiyah 9 Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020.” Journal of Chemical Information and Modeling 01(01):1689–99.

Utami, Septi Wahyu. 2019. “Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa.” Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik) 4(1):63. doi: 10.26740/jp.v4n1.p63-66.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.