PERAN ORANG TUA SELAMA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SEKOLAH DASAR

Miftahul Fitri Azizah, Sri Tutur Martaningsih

Abstract


Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengamati penerapan pembelajaran daring terhadap perkembangan kecerdasan  emosional peserta didik pada SekoIah  Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan instrumen  penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi untuk melihat tingkat kecerdasan emosional pada peserta didik. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat hambatan pada peningkatan kecerdasan emosional anak selama penerapan pembelajaran daring. Dampak dari pembelajaran daring memicu kurangnya interaksi dengan lingkungan, munculnya rasa bosan menuntut ilmu, tekanan dari orang tua dalam membimbing anaknya, tugas yang banyak, dan juga suasana pembelajaran yang membosankan merupakan unsur  penyebab  kecerdasan  emosional  anak menurun.  Pada intinya perubahan ini terjadi akibat kurang siapnya antara pelaksana pendidikan dengan orang tua dalam menghadapi situasi pendidikan yang berbeda. Selain itu pokok pencapaian hasil pembelajaran hanya pada ranah kognitif, sehingga penanaman karakter dan kecerdasan  emosional  hanya  didapatkan dari  rumah  saja  tanpa  adanya  sosialisasi  dan  dukungan untuk penanaman karakter dan kecerdasan emosional pada peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Aswat, H., Sari, E. R., Aprilia, R., Fadli, A., & Milda. (2021). Implikasi Distance learning di Masa Pandemi COVID 19 terhadap Kecerdasan Emosional Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (2), 761-771.

Fauzyah, G. H., Maula, L. H., & Nurasiah, I. (2020). Pengaruh Pendampingan Orang Tua pada Pembelajaran Daring terhadap Kecerdasan Emosional. Jurnal Pendidikan Dasar, 197-206.

Fitrianik, C., & Busyairi, A. (2020 9 (4)). Peran Guru Dalam Manajemen Kelas Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional. Joyful Learning Journal, 198-204.

Maghfiroh, W., Mahanani, P., & Nihayati. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 1 (7), 552-562.

Maulana, M. A., Sitanggang, F. Y., Mushlihah, F., Wiyadi, & Sayekti, N. W. (2020). Peran Kecerdasan Emosional dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Advice 2 (2), 112-119.

Rahma, F. N., Wulandari, F., & Husna, D. U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 bagi Psikologis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (5), 2470-2477.

Rosanti, A. (2021). Manajemen Pendidikan Orang Tua pada Masa Corona Virus Diseases 2019 (COVID19) dalam Peningkatan Kecerdasan Emosional dan Karakter Anak Berdasarkan pada Tingkat Pendidikan Orang Tua di SDN 1 Selajambe Kabupaten Kuningan. Jurnal Ilmiah Dozen Globalindo 1 (3), 23-28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.