Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Google Meet

Ria Nanda Sulistyani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat persepsi peserta didik terhadap pembelajaran daring menggunakan aplikasi Google meet. Penelitian dilakukan di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode deskriptif kualitatif. Data penelitian didapatkan dengan cara membagikan angket dalam bentuk google form dan wawancara. Angket dibagikan ke 30 peserta didik kelas IX B SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini menemukan hasil temuan baru terhadap persepsi peserta didik terhadap pembelajaran daring menggunakan aplikasi google meet. Hasil yang didapatkan yaitu setengah dari peserta didik setuju jika pembelajaran daring dilakukan menggunakan aplikasi Google meet. Partisipasi peserta didik pun meningkat Ketika pembelajaran dilaksanakan menggunakan aplikasi google meet.


Full Text:

PDF

References


Bintara, A. P. P. and Kocimaheni, amira agustin (2020) ‘Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Aplikasi Google Meets pada Mata Kuliah Hyouki Level Shokyu’, HIKARI (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Jepang Universitas Negeri Surabaya), 4(2), pp. 234–245.Available at: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/hikari/article/view/35964.

Budiansyah, A. (2020). Google Meet Aplikasi Rapat Online Gratis Selama Wabah Corona, CNBC Indonesia. Jakarta. Available at: https://www.cnbcindonesia.com/tech/2 0200323105044-37-146871/googlemeet-aplikasi-rapat-online-gratisselama-wabah-corona.

Bui, T. H. et al. (2020). ‘Impact of female students’ perceptions on behavioral intention to use video conferencing tools in COVID-19: Data of Vietnam’, Data in Brief. Elsevier Inc., 32, p. 106142. doi: 10.1016/j.dib.2020.106142.

Jogiyanto, H. (2010). MODEL KESUKSESAN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI. Yogyakarta: CV Andi Offest.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 1- 10. Doi: https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Nalurita, S. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Google Meet pada Mata Kuliah Teknik Proyeksi Bisnis Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021 di Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (UNSURYA) (Studi pada Mahasiswa Prodi Manajemen Kelas G). Jurnal Ilmiah Manajemen Surya Pasca Scientia, 10, 22–30. Doi: https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jimspc/article/view/593

Nugroho, S. (2015) ‘PROFESIONALISME GURU SD NEGERI SE-KECAMATAN WARUNGASEM KABUPATEN BATANG Suatu Tinjauan Aspek Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru’, Varidika, 24(2). Available at: http://journals.ums.ac.id/index.php/var idika/article/view/710.

Pal, D. and Vanijja, V. (2020). ‘Perceived usability evaluation of Microsoft Teams as an online learning platform during COVID-19 using system usability scale and technology acceptance model in India’, Children and Youth Services Review. Elsevier, 119(July), p. 105535. Doi: 10.1016/j.childyouth.2020.105535

Samudro, A. (2020). ‘Mengenal Google Meet: Cara Kerja hingga Fitur’, tirto.id, 16 March. Available at: https://tirto.id/mengenal-google-meetcara-kerja-hingga-fitur-eFtx.

Sani, R. A. (2013). INOVASI PEMBELAJARAN. Jakarta:Bumi Aksara.

Subagyo, P. J. (2010). METODE PENELITIAN DALAM TEORI DAN PRAKTIK. Jakarta: Rimba Cipta.

Sukmadinata, N. (2012). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.