Analisis Antusiasme Pengerjaan Tugas Melalui Media WhatsApp dan Quizizz Siswa Kelas V Ibnu Thufail SD Muhammadiyah Demangan

Aninda Wahyu Ramadhani, Diyah Puspitarini

Abstract


Salah satu terdampak dari pamdemi Covid-19 adalah bidang pendididkan, dimana terhitung dari bulan maret 2020 pembelajaran dilakukan secara daring. Sehingga hal ini menyebabkan adanya loss learning. Salah satu factor penyebab loss learning adalah rendahnya atusiasme dan minat peserta didik dalam belajar dan mengerjakan tugas yang diberikan. Oleh sebab itu pada artikel ini penulis bertujuan untuk menganalisis antusiasme peserta didik agar bisa menemukan solusi yang sesuai. Adapun metode yang digunakan adalah studi literature, pengamatan langsung, dan juga hasil analisis pengerjaan tugas siswa kelas V Ibnu Thufail SD Muhammadiyah Demangan. Proses pengumpulan data dilaksanakan selama pelaksanakan PLP 2 dari tanggal 9 Agustus hingga 10 September 2021. Melalui pengumpulan informasi tersebut diketahui bahwasanya penggunaan media menarik seperti Quizizz mampu meningkatkan antusiasme siswa dalam belajar dan mengerjakan tugas selama pembelajaran daring. Sehingga dapat disimpulkan bahwasanya guru perlu memperhatikan penggunaan media yang akan digunakan baik ketika mengajar atau melakukan evaluasi agar bisa menggiring antusiasme siswa.


Full Text:

PDF

References


Yulistiarawati, D. N., Umayaroh, S., & Linguistika, Y. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa dalam Penggunaan Aplikasi Belajar Quizizz pada Pembelajaran Tematik Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 1(7), 573-584.

Nugraheni, N. K. (2017). Multimedia pembelajaran digital untuk meningkatkan antusiasme siswa dalam belajar. Prosiding HIPKIN Jateng, 1(1), 31-38.

Setiyani, S. S., Astuti, A. D., Santi, D. P. D., & Suprayo, T. (2021). Using Quizizz Application to Make Online Evaluations during Covid-19 Pandemic: Teacher Competency Training. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(01), 019-029.

Al Mawaddah, A. W., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3109-3116.

Annisa, R., & Erwin, E. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3660-3667.

Yolanda, S., & Meilana, S. F. (2021). Pengaruh Aplikasi Quizizz Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 915-921.

Meliza, A., Kuntarto, E., & Sofwan, M. (2021). KEEFEKTIFAN QUIZIZZ SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR. Keefektifan Quizizz sebagai Alternatif Media Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar.

Asria, L., Sari, D. R., Ngaini, S. A., Muyasaroh, U., & Rahmawati, F. (2021). ANALISIS ANTUSIASME SISWA DALAM EVALUASI BELAJAR MENGGUNAKAN PLATFORM QUIZIZZ. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 1-17.

Anggraini, W., Santi, A. U. P., & Gery, M. I. (2020, October). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz untuk Tematik dalam Pembelajaran Jarak Jauh Kelas III Di SDN Kebayoran Lama Utara 07 Pagi. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.