Penggunaan Google Classroom dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas X SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta

Enysa Dwi Melani

Abstract


Wabah pandemic Covid-19 yang menyebabkan sistem pendidikan di Indoneisa menjadi terganggu menyebabkan guru harus bisa menyesuaikan strategi pembelajaran. Pembelajaran harus dilakukan secara daring, sehingga penulis memilih topik yaitu Penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran Bahasa Inggris kelas X untuk menyusun artikel. Tujuan dari artikel ini ialah untuk mengetahui apakah penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran Bahasa Inggris kelas X di SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta efektif dan efisien atau tidak. Google Classroom yaitu sebuah aplikasi yang disediakan oleh Google untuk membantu para guru dan siswa melaksanakan pembelajaran jarak jauh atau membuat kelas virtual. Guru maupun siswa dapat dengan mudah mengaplikasikan aplikasi media pembelajaran online ini. Dalam artikel ini membahas tentang aplikasi Google Classroom dan proses pembelajaran menggunakan Google Classroom. Dari pembahasan dapat disimpulkan bahwa menggunakan Google Classroom dalam pembelajaran Bahasa Inggris cukup efektif dan efisien. Pembelajaran jarak jauh akan efektif apabila diterapkan pada masa pandemic Covid-19 seperti sekarang ini, namun jika akan digunakan dalam jangka waktu yang panjang diperlukan strategi pembelajaran yang lebih variatif supaya lebih menarik.

Full Text:

PDF

References


Darmawan, Yuda, Drs. Ariyanto, M.Pd (2019) Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X IPS 3 SMA Batik 2 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Gustini, D. (2020). Penerapan Media Pembelajaran ELearning Berbasis Google Classroom untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa T.A 2020/2021. Skripsi thesis. URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14207

Kusuma, Alam Budi, dkk. (2019). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Google Classroom di Sekolah Tinggi Agama Islam Masjid Syuhada (STAIMS) Yogyakarta. Vol 8, No 2 (2019). doi: https://doi.org/10.36668/jal.v8i2.120

Latif, S. (2016). Learning Engagement in Virtual Environment. International Journal of Computer Application, 148(11), 7–13. Retrieved from https://www.ijcaonline.org/archives/volume148/number11/25799-2016911289

Soni, Afdhil Hafid, dkk. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Smk Negeri 1 .Bangkinang: Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI

Suryani, A. (2010). ICT in Education: Its Benefits, Difficulties, and Organizational Development Issues. Jsh Jurnal Sosial Humaniora, 3(1), 106–123.

Ula Nisa El Fauziah, L. S. (2019). Penerapan Google Classroom dalam Pembelajaran Bahasa Inggris kepada Guru-guru Bahasa Inggris di Subang. doi: http://dx.doi.org/10.22460/as.v2i2p183-191.3281

Zedha Hammi , 1102410002 (2017) IMPLEMENTASI GOOGLE CLASSROOM PADA KELAS XI IPA MAN 2 KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.