Keefektifan Google Classroom dalam Pembelajaran Daring Matematika Kelas IX di SMP N 13 Yogyakarta di Masa Pandemi Covid-19

Angga Dewanta Agastya, Uus Kusdinar

Abstract


Pada situasi pandemi Covid-19, sekolah menerapkan pembelajaran secara daring atau kegiatan belajar dari rumah. Dalam pelaksanaan kegiatan belajar secara daring, guru dan siswa memakai aplikasi sebagai penunjang pembelajaran secara daring, yakni Google Classroom. Penggunaan Google Classroom belum terbiasa menurut siswa dikarenakan sebelum pandemi guru biasanya melakukan pembelajaran secara tatap muka langsung. Tujuan dari artikel ini guna mengetahui efektivitas dari penggunaan Google Classroom pada kegiatan belajar matematika secara virtual. Lalu metode yang dipakai pada penelitian ini yaitu melalui pengisian angket Google Form pada Siswa SMP N 13 Yogyakarta kelas IX. Berdasarkan hasil dari survei deskriptif didapatkan hasil dari penggunaan Google Classroom masih kurang efektif dalam pembelajaran matematika, namun efektif dalam pembelajaran secara daring serta bisa dipakai sebagai aplikasi pembelajaran secara daring di situasi wabah virus Covid-19 seperti saat ini. Jadi bisa disimpukan bahwa peserta didik masih membutuhkan guru dengan tatap muka langsung dalam proses pembelajaran matematika.

Full Text:

PDF

References


Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Gunawan, F. I., & Sunarman, S. G. (2017). Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa Smk Untuk Mendukung Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 340–348.

Longa, A. E. (2021). Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Maumere. Journal on Teacher Education, 2(2), 49–57.

Permata, A., & Bhakti, Y. B. (2020). Keefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 4(1), 27–33. https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.669

Purnomo, P., & Palupi, M. S. (2016). Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Waktu, Jarak dan Kecepatan Untuk Siswa Kelas V. Jurnal Penelitian (Edisi Khusus PGSD), 20(2), 151–157.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2, 58–67.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Edisi Khusus, 1(1), 1–3.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Taluke, D., Lakat, R. S. M., & Sembel, A. (2019). Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Spasial, 6(2), 531–540.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.