Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik

Sephia Nur Hanifah, Dodi Hartanto

Abstract


Pentingnya guru bimbingan konseling dalam mempelajari pendidikan karakter siswanya karena pendidikan karakter merupakan suatu upaya untuk mengarahkan, dan menumbuhkan nilai-nilai yang baik, serta melatih agar menjadi pribadi yang baik, bijak, sehingga dapat memberikan sesuatu yang positif pada masyarakat serta untuk diri sendiri.. Pendidikan karakter mencakup beberapa komponen yang dapat melibatkan pendidikan itu sendiri, antara lain seperti kurikulum, proses pembelajaran, penilaian, penanganan mata pelajaran, sarana dan prasarana yang sesuai kebutuhan, pembiayaan dan juga kerjasama antara siswa, guru, dan individu yang berada dilingkungan sekolah tersebut. Materi pendidikan karater dalam layanan bimbingan konseling terkait dengan pengembangan aspek pribadi-sosial. Peran yang dapat dilakukan oleh guru bimbingan konseling untuk pendidikan karakter adalah sebagai pemimpin, pemrakarsa, fasilitator, dan konsultan.


Full Text:

PDF

References


Amanda, R. A. (2016). Pengaruh game online terhadap perubahan perilaku agresif remaja di samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi, 4(3), 290–304.

Battistich, V. (2005). Character education, prevention, and positive youth development. Washington, DC: Character Education Partnership.

Berkowitz, M. W., Battistich, V. A., & Bier, M. C. (2008). What works in character education: What is known and what needs to be known. Handbook of moral and character education, 414–431.

Fitrianisa, A. (2018). Identifikasi Faktor-faktor Penyebab Perilaku Agresif Siswa SMK PIRI 3 Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 166–179.

Otten, E. H. (2000). Character Education. ERIC Digest.

Citra Yura.2012.Pelakasanaan Pendidikan karakter dalam pembelajaran.Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus.Vol.1.No.1

Ali Ramdhani Muhammad .2014.Lingkungan pendidikan dan implementasi pendidikan karakter. Jurnal pendidikan Universitas Garut.Vol.08.No.01:28-37

Samani, M., & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kesuma, D., Triatna, C., & Permana, J. (2013). Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.