Problematika Tenaga Pendidik Usia Dini Dalam Menyampaikan Bahan Ajar Dimasa Pandemi Covid-19

Moza Reggy Pranindya, Avanti Vera Risti Pramudyani

Abstract


Penelitian kali ini bertujuan untuk mengetahui mengenai permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh tenaga pendidik usia dini dalam menyampaikan materi kepada peserta didik dikarenakan adanya wabah covid-19 sehingga dengan adanya permasalahan tersebut segera dapat ditemukannya solusi. Permasalahan yang sering terjadi seperti sulitnya komunikasi karena tidak bertatap muka, sedikitnya kegiatan praktik dan juga kendala eksternal seperti gangguan signal baik dari pendidik maupun peserta didik. Penelitian ini penelitian kualitatif deskriptif yang melibatkan pendidik dan orang tua. Dalam penelitian kali ini di ketahui bersama bahwa anak didik sulit menerima materi yang di sampaikan oleh pendidik dan juga pendidik pun kebingungan dalam mengatur sesi pembelajaran dikarenakan kelas yang kurang kondusif sehingga dapat di simpulkan bahwa banyaknya permasalahan yang terjadi selama pembelajaran baik daring maupun luring di masa pandemi covid-19 oleh karena itu perlu adanya peran penting dari tenaga pendidik maupun dari orang tua itu sendiri dalam mengawasi dan membantu kegiatan belajar mengajar.

Full Text:

PDF

References


Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76.

Safari, M. (2021). Strategi Guru Paud Dalam Pembelajaran Efektif Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Penelitian Pendidikan Dan …, 155–163.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatiff, Kombinasi, dan R&D. CV Alfabeta.

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3),


Refbacks

  • There are currently no refbacks.