Strategi Guru BK Dalam Mengatasi Stress Belajar Daring Di Era Pandemi Melalui Bimbingan Kelompok Di SMP Mugadeta

Elya Rukhana, Hardi Prasetiawan

Abstract


Tujuan dalam penulisan artikel ini yakni untuk mengetahui peran guru bk dalam mengatasi stress belajar yang disebabkan adanya metode pembelajaran yang diselenggarakan secara daring pada masa pandemi  dengan melalui teknik layanan bimbingan kelompok. Dengan hal ini tentunya guru bk mempunyai peran penting untuk mengatasi masalah tersebut. Melalui layanan BK yang menjadi salah satu layanan yang telah disetting oleh sekolah, yang secara signifikan  memiliki peran dalam membantu mengoptimalkan proses belajar siswa. Metode yang digunakan yakni literatur review beserta wawancara dengan guru bk di SMP Mugadeta. Pada hasil penelitian menunjukan bahwa yang pertama pembelajaran daring di era pandemic menyebabkan siswa merasa bosan dan stress, sedangkan yang kedua pembelajaran daring mengakibatkan prestasi belajar siswa menjadi menurun karena terdapat beberapa kendala yang menyebabkan hasil belajar tidak maksimal.

Full Text:

PDF

References


Armila, A. (2020). Bimbingan Kelompok Dalam Mengatasi Stres. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 2(1), 113. https://doi.org/10.32332/jbpi.v2i1.2056

Barseli, M., Ahmad, R., & Ifdil, I. (2011). Dengan Hasil Belajar. 4, 17.

Barseli, M., Ifdil, I., & Fitria, L. (2020). Stress akademik akibat Covid-19. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 5(2), 95–99.

Fadilah, S. N. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 167. https://doi.org/10.29240/jbk.v3i2.1057

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678

Ifdil, T., & Ardi, Z. (2013). Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Padang. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 1, 143–150.

Kartika, D. (2020). Faktor–Faktor Kecemasan Akademik Selama Pembelajaran Daring Pada Siswa SMA di Kabupaten Sarolangun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3544–3549.

Malinda, R., Irmayanti, N., & Zuroida, A. (2020). Hubungan Antara Stress Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Full Day School Di Sd Al Kautsar Kota Surabaya. Jurnal Psikologi Wijaya Putra, 1(1), 1–14.

Nurkholis. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI. 1(1), 24–44.

Puluhulawa, M., Djibran, M. R., & Pautina, M. R. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok dan Pengaruhnya terhadap Self-Esteem Siswa. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2017, 1, 301–310.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Syarqawi, A. (2018). Bimbingan Konseling Sebagai Upaya dan Bagian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, I, 169–181.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.