Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Barisan dan Deret Aritmetika Kelas XI SMK Negeri 6 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2021/2022

Nur Fanny Pratiwi, Widayati Widayati

Abstract


Penelitian dilatar belakangi atas tingginya angka kesalahan-kesalahan yang siswa lakukkan, ketika menyelesaikan permasalahan soal berbentuk cerita pada materi barisan dan deret aritmetika. Kesalahan yang sering terjadi disebabkan oleh berbagai kesulitan ketika mengerjakan soal bentuk cerita. Kesalahan yang terjadi perlu diketahui secepatnya, supaya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan guru dan siswa nantinya, sehingga nantinya akan dilakukkannya perbaikan dalam proses pembelajaran, serta meminimalisir kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif yang dimaksudkan untuk menganalisis dan mendiskripsikan kesalahan hasil pekerjaan siswa, ketika menyelesaikan permasalahan soal cerita barisan dan deret aritmetika.  Penelitian ini menggunakan 5 orang siswa sebagai subjek. Lima orang peserta didik ini merupakan siswa kelas XI Tata Busana dua semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan teknik tes tertulis.

Full Text:

PDF

References


Ayuningsih, R., Setyowati, R. D., & Utami, R. E. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear Berdasarkan Teori Kesalahan Kastolan. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6), 510–518. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6790

Hardiyanti, A., Sebelas, U., & Surakarta, M. (2016). Analisis kesulitan siswa kelas ix smp dalam menyelesaikan soal pada materi barisan dan deret. Knpmp I, 78–88.

Istiqomah, N., & Rahaju, E. B. (2014). Proses Berpikir Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika berdasarkan Gaya Kognitif pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Mathedunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 144–149.

Matematika, J. P., Barisan, M., & Deret, D. A. N. (2020). π ( Phi ). 4(2017), 160–168.

Nur, N. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika. 2(1), 43–48.

Putri, S., Husna, A., & Agustyaningrum, N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Berdasarkan Teori Newman ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1548–1561.

Sari, M. A., & Fitriyana, N. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI BARISAN DAN DERETARITMETIKA KELAS XI MIASMA AL-IKHLAS LUBUKLINGGAU. 5(November), 61–74.

Ulfa, D., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Menggunakan Tahapan Kesalahan Kastolan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 542–550. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.507


Refbacks

  • There are currently no refbacks.