STRATEGI LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DARING TERHADAP KECEMASAN AKADEMIK

Wian Uriarista, Caraka Putra Bhakti

Abstract


Kecemasan akademik menjadi salah satu hambatan dan juga tantangan bagi individu yang memiliki kecemasan dengan kategori tinggi. Hal ini dapat menjadi hambatan bagi peserta didik dalam mengembangkan kemampuan studinya. Tujuan dari penelitian ini untuk memaparkan konseling individual dengan pendekatan Cognitive Behavioral Therapy mengenai kecemasan akademik. Pandemi mendorong guru BK untuk terus berkembang dalam memberikan layanan konseling. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu konseling individual berbasis daring menjadi salah satu rujuakan dalam menanggulangi kecemasan akademik

Full Text:

PDF

References


Anditya, R., & Murtyasa, Bb. 2016. Faktor-Faktor Penyebab Kecemasan Matematika. Prosiding Sempoa (Seminar Nasional. Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika).

Anggoro, B.S., dkk. 2018. An Analysis of Studets Learning Style, Mathematical Disposition, and Mathematical Anxiety toward Metacognitive Reconstruction in Mathematic Learning Process Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 187-200.

Della. 2012. Cognitive Behaviour Therapy untuk Meningkatkan Self -Esteem pada Mahasiswa Universitas Indonesia yang Mengalami Distres Psikologis

Liber,J.M., McLeod, B.D., Van Widenfelt, B.M., Goedhart, A.W., van der Leeden, A.J. Utens, E.M., & Treffers, P.D. 2010. Ecamining the relation between the therapeutic alliance, treatment adherence, adn outcome of cognitive behavioral therapy for children with anxiety disorders. Behavior Therapy, 41(2), 172-186.

Lutfiyani, V., & Bhakti, P.C. 2017. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling Komprehensif dalam Pengembangan Self-Knowledge Pada Siswa Sekolah Dasar. Sendika : Seminar Nasional Pendidikan Fkip UAD, 1(1). 370-377

Mawarni, P., Sultani, S., & Anisah, L. 2018. Efektivitas Konseling Individual dengan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (cbt) untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Kelas VII B di SMP Negeri 4 Alalak Barito Kuala. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 5(3), 26-31

Mufidatu, F., & Sholichatun, Y. 2016. Penerimaan Diri Remaha yang Memiliki Keluarga Tiri. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 13(1), 29-38.

Nindy, G.S. 2021. Eksperimentasi Konseling Individu dengan Teknik Assertive Training untuk MeningkatkanPercaya Diri Peserta Didik (Doctoral dissertation UIN Raden Intan Lampung)

Prasetiawan,H. 2016. Cyber Counseling Assisted With Facebook To Reduce Online Game Addiction. Jurnal Of Guidane And Counseling, 6 (1), 28-36.

Prawitasari, Hohana. 2012. Psikologi Terapan. Jakarta : Erlangga.

Putri. 2016. Hubungan antara dukungan sosial dan flow akademik dengan prestasi belajar matematika siswa SMA. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 5(1), 1-21.

Refnadi, R. 2018. Konsep sefl-esteem serta implikasinya pada siswwa Indonesian institute for Counseling, Education and Therapy (IICET). 4 (1), 16-22.

Safrizal. 2015. Fungsi Layanan Konseling Individu Dalam Menuntaskan Masalah Pribadi Peserta Didik Di Man Sibreh Aceh Besar.

Siregar, E.Y. 2018. Penerapan cognitive behavior therapy (cbt) terhadap pengurangan durasi bermain games pada individu yang mengalami games addiction. Jurnal Psikologi, 9(1), 17-24.

Sitorus, M W., Badrujaman, A., & Fitri, S. 2019. Peharuh layanan bimbingan kelompok dengan metode permainan terhadap penerimaan diri siswa. Enlighten : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(1), 18-23.

Vitadari, P., Wahab, M.N., Othman, A., Hermawan, T., & Sinnadurai,S.K 2020. The Relationship between Study Anxiety and Academic Performance among Enginerring Students. International Conference on Mathematics Education Research, 490-497.

Wijayanti, W. 2017 Keefektifan Konseling Individu Cognitive Behavior Therapy (CBT) dengan Teknik Self Management untUk Mengurangi Kecanduan Media Sosial (Social Media Addiction) Pada Siswa di SMA Negeri 1 Singorojo Kendal (Dictoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Wilding,C., & Milne, A. 2013. Teach yourself CBT. Hodder Education.

Willis, S.S. 2013. Konseling Individual Teori Dan Praktek. Bandung : Alfabeta

Yurtseven, N., & Akpur, U. 2018. Perfectionism, Anxiety and Procratination as Predictors of EFL Academic Achievement : A Mixed Methods Study. Novitas-Royal (Research on Youth and Languange), 96-115


Refbacks

  • There are currently no refbacks.