Peningkatan Kedisiplinan Melalui Keteladanan Belajar Mengajar Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Karangwaru

Puput Novriani Widia Sari, Suyitno Suyitno

Abstract


: Pendidikan disekolah tidak lepas dari  Kedisiplinan belajar yang membentuk sikap perilaku siswa tidak hanya di sekolah tetapi dapat diterapkan dilingkungan sekolah dan masyarakat. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kedisiplinan siswa saat kegiatan pembelajaran daring dalam peningkatan kesiplinan siswa melalui keteladanan guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode Studi Kasus. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Karangwaru Yogyakarta dengan subjek penelitian guru kelas, dan siswa kelas 4 SD Muhammadiyah Karangwaru Yogyakarta. Tehnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini merupakan  peningkatan kedisiplinan siswa melalui keteladanan guru, penelitian di SD Muhammadiyah Krangwaru guru menggunakan media Google Meet untuk bisa menyampaikan materi secara daring. Dari penelitan ini yang telah di lakukan ditemukan peningkatan kedisplinan siswa melalui keteladanan. Kedisplinan yang harus di anut oleh siswa dengan keteladanan yang diterapkan guru dalam pembelajaran daring dari penjelasan guru kelas terbukti bahwa 90% keteladanan adalah salah satu dalam peningkatan kedisiplinan dalam proses pembelajaran kelas 4 SD Muhammadiyah Karangwaru.  

 


Full Text:

PDF

References


Anggraini, Arum. J. 2015. Kedisiplinan BeR lae ja p r ublik Indonesia. 2015.

Peraturan Menteri dalam Negeri Siswa Kelas V SD Negeri I Parangtritis: Studi Kasus. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal At-Tafkir, 11, 86.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Marijan. 2016. Metode Pendidikan Anak Membangun Karakter Anak yang Berbudi Mulia, Cerdas dan Berprestasi. Yogyakarta: Tim Sabda Media. . 2017.

Metode Pendidikan Anak Membangun Karakter Anak yang Berbudi Mulia, Cerdas dan Berprestasi. Yogyakarta: Tim Sabda Media.

Munawaroh, Siti. 2016. Perilaku Disiplin dan Kejujuran Generasi Muda di Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: BPNP.

Mustari, Mohammad. 2017. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: laksBang Pressindo.

Pane, Aprida. & Dasopang, M. Darwis. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 3.2.

Purwanto dkk. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counselling. Volume 2 No. 1.

Rusdiana dan Yeti Heryati. (2015). Pendidikan Profesi Keguruan: Menjadi Guru Inspiratif dan Inovatif. Bandung: Pustaka Setia.

Wibowo, Agus. (2017). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa

Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.