Self Talk Sebagai Alternatif Cara Mengatasi Stres pada Remaja Di Masa Pandemi Covid-19

Raini Retno Wulansari, Irvan Budi Handaka

Abstract


Pemberlakuan berbagai kebijakan dalam meminimalisir penyebaran covid-19 berdampak bagi kehidupan masyarakat salah satunya kehidupan remaja. Kesehatan mental remaja semakin diuji mengalami stress. Stress adalah pemikiran seseorang yang tertekan menjadi irasional/negatif. Strategi yang diterapkan dengan cara self talk sebagai cara melihat pekembangan psikologis remaja. Dengan teknik ini, remaja berlatih cara pandang lebih positif. Penelitian ini kualitatif dengan metode deskriptif: cara mengatasi stress remaja di masa pandemi dengan self talk. Tujuan penelitian ini yaitu remaja dapat mengendalikan emosi dengan cara self talk. Dengan self talk strategi untuk mengatasi  stres remaja efektif dilakukan pada masa pandemi.

Full Text:

PDF

References


Aryansah, J. E., & Sari, S. P. 2021. Analisis Peran Regulasi Emosi Mahasiswa terhadap Kebijakan School From Home Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pemerintah dan Politik, 6(1), 8–14.

Brown, S., & Kfka, A. C. 2020. Covid-19 Has Worsened the Student Mental-Health Crisis. Can Resilience Training Fix It? The Chronicle of Higher Education, https://www.chronicle.com/article/covid-19-has-worsened-the-student-mental-health-crisis-can-resilience-training-fix-it/, di akses pada 24 Juli 2021

Lee, J., Jeong, H.J. & Kim, S. 2021. Stress, Anxiety, and Depression Among Undergraduate Students during the COVID-19 Pandemic and their Use of Mental Health Services. Innov High Educ, https://doi.org/10.1007/s10755-021-09552-y

Mujahidin, E., & Syamsuddin, Z. A. 2021. Relevansi metode khalwat dalam proses pembelajaran pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Islam Ta'dibuna, 10(3), 352–368. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i3.5358

Musradinur. 2016. Stres dan Cara Mengatasinya Dalam Perspektif Psikologi. Jurnal Edukasi. 2(2), 183- 200.

Meylinta, 2021. Menghadapi Stress Di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Manajemen Stress. Jurnal Manajemen Bisnis. 23(2), 1-11.

Sekar, S., Ananda, D., & Apsari, N. C. 2020. Mengatasi Stress Pada Remaja Saat Pandemi Covid-19. Prosiding penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 7(2), 248-256

Wulandari, Primatia. 2020. Menjadi Teman bagi Anak di Masa Pandemi. Surabaya: Fakultas Psikologi Universitas Airlangga

Kemendikbud.(2020). SE Mendikbud: Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, diakses pada 15 September 2021, di https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/e-mendikbud- pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa- darurat-penyebaran covid19


Refbacks

  • There are currently no refbacks.