Peran Teknologi Digital dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Idil Putra, Lovandri Dwanda Putra

Abstract


Covid-19 membuat di Indonesia bahkan di seluruh dunia berubah tatanan. Hal ini berdampak bagi sektor pendidikan yang ada di Indonesia. Virus ini sangat berdampak langsung pada kegiatan belajar, semua orang tua di Indonesia sekarang ini harus bertanggung jawab mendampingi anak mereka untuk belajar di rumah, banyak orangtua mengeluh dan tidak paham dengan  berbagai mata pelajaran yang diajarkan untuk anak-anak untuk mengerjakan tugas dari sekolah yang susah dipahami orang tua. Dituntut untuk bisa menggunakan dan memanfaatkan teknologi digital. Memang tidak mudah untuk dilakukan, namun dengan alasan kondisi yang seperti ini memang  perlu dilakukan gerakan kemajuan dalam penggunaan teknologi digital. Oleh karenanya, teknologi digital jadi salah satu metode menambah mutu pembelajaran di Tanah Air. Guru hendak terus menjadi mudah mengakses data materi serta lebih variatif sehingga menjadikan proses pendidikan lebih menarik. Sebaliknya siswa dapat turut berpartisipasi mengikuti proses pembelajaran secara dinamis lewat bermacam adopsi perangkat teknologi.

Full Text:

PDF

References


Firman & Sari. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Educational Science (IJES), Volume 02 No 02

Kuo, et al. (2014). Interaction, Internet self-efficacy, and self-regulated learning as predictors of student satisfaction in online education courses. Volume 20, pages 35-50

Purwanto dkk. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counselling. Volume 2 No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.