Pengaruh Pembelajaran Daring Menggunakan LMS-Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Muhammadiyah Bodon

Nur Sasmaya, Lovandri Dwanda Putra

Abstract


Tujuan dari penelitian ialah untuk mengetahui pengaruh penggunaan google classroom di kelas 1A dengan kelas 3B terhadap hasil belajar peserta didik. Google Classroom adalah satu dari sekian banyak jenis LMS yang saat ini sedang dipakai untuk PJJ / Pembelajaran daring. Pembelajaran dengan menggunakan google classroom ini juga mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi serta subjek penelitian adalah peserta didik kelas 1A dan 3B SD Muhammadiyah Bodon. Berdasarkan pada hasil wawancara dan observasi yang sudah dilakukan guru mengatakan bahwa penggunaan google classroom di SD Muhammadiyah Bodon sangat efektif digunakan untuk menyampaikan materi serta mempermudah guru dan siswa untuk melakukan pembelajaran karena waktu yang bersifat fleksibel. Hasil belajar adalah suatu perubahan yang terjadi pada peserta didik setelah melakukan pembelajaran baik itu keberhasilan maupun tingkat pemahaman materi peserta didik. Hasil belajar peserta didik saat pembelajaran daring ini meningkat mencapai nilai 100.

Full Text:

PDF

References


Achmad Sadat, F. (2020). PENGGUNAAN PLATFORM GOOGLE CLASSROOM DAN WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMIC COVID 19. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 12–18.

Anggita, R., 1, T., Sumarni, W., & Utomo, U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5(5), 3125–3133. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1291

Dwi Wicaksono, V., & Rachmadyanti, P. (2017). PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MELALUI GOOGLE CLASSROOM DI SEKOLAH DASAR. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa, 513–521.

https://classroom.google.com

Giyarsih, G. (2021). Pendampingan Google Class Room (GCR) Tepat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Hebat. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(3), 97–104.

Handayani, Masfuah, S., & Kironoratri, L. (2021). EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.770

Novita Sari, I., & Lian, B. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Negeri 27 Palembang. JPT : Jurnal Pendidikan Tematik, 2(1), 94–98.

Tinungki, G. M., & Nurwahyu, B. (2020). The Implementation of Google Classroom as the E-Learning Platform for Teaching Non-Parametric Statistics during COVID-19 Pandemic in Indonesia. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(4), 5793–5803. https://www.researchgate.net/publication/342719907


Refbacks

  • There are currently no refbacks.