Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Melalui Belajar dari Rumah (BDR) di TK ABA Giwangan Yogyakarta

Priana isti Istiqomah, Prima Suci Rohmadheny

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana mengembangkan kecerdasan intrapersonal terkait kemandirian dan percaya diri anak dimasa belajar dari rumah pada Anak Usia Dini. Subjek penelitian adalah orang tua dari anak kelompok B3 di TK ABA Giwangan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Tehnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan – kegiatan yang diberikan guru dapat mengembangkan kemandirian dan percaya diri anak, meskipun ada beberapa kendala baik dari anak maupun dari oarang tua yang sibuk bekerja. Kegiatan BDR dapat berjalan dengan adanya komunikasi aktif dari orangtua dan pemahaman orang tua tentang PAUD.

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, C. S., Hidayati, N., Farisia, H., & Khoirulliati, K. (2020). Trend Pola Asuh Orang Tua dalam Pendampingan Model Pembelajaran Blended Learning pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Early Childhood Education and Development, 2(2), 97-108.

Danauwiyah, N. M., & Dimyati, D. (2021). Kemandirian Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 588-600.

Fadlillah, M. (2019). Buku ajar bermain & permainan anak usia dini. Prenada Media.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan » Republik Indonesia (kemdikbud.go.id)

Kumalasari, D. A. (2019). Pengaruh Stimulasi Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini Di Tk Dharma Wanita Desa Pepe Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan (Doctoral dissertation, UNNES).

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis efektivitas pelaksanaan belajar dari rumah (BDR) selama pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246-253.

Lilawati, A. (2020). Peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di rumah pada masa pandemi. Jurnal obsesi: Jurnal pendidikan anak usia dini, 5(1), 549-558.

Muhartini, H., & Yuniarni, D. Pembinaan Kecerdasan Intrapersonal Pada Anak Usia Dini (4-6 Tahun) Tk Lkia II Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(2).

Murniyati, M., & Supardi, S. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Kemandirian Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4249-4257.

Oviyanti, F. (2017). Urgensi kecerdasan interpersonal bagi guru. Tadrib, 3(1), 75-97.

Safitri, N., Setiawati, S., & Aini, W. (2018). Gambaran Penanaman Kemandirian pada Anak Usia Dini oleh Orang Tua dalam Keluarga. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(1), 84-90.

Saputri, A. T. (2016). Penanaman Nilai Kemandirian dan Kedisiplinan Bagi Anak Usia Dini Anak TK B di Kelompok Bermain Mutiara Hati Purwokerto. Skripsi.

Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2019). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 3(1), 45-57.

Siregar, S. Z. (2018). Pengaruh Bermain Terhadap Rasa Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Eka Dharma Shanti Kecamatan Medan Sunggal TA 2017/2018 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Susanti, E. (2017). Korelasi tingkat pendidikan orang tua dan pola asuh terhadap kemandirian anak dalam keluarga. Jurnal Elektronik Mahasiswa Pend. Luar Sekolah-S1, 6(1), 13-23.

Syamsul, K. (2017). Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasi secara terpadu dilingkungan keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi. Masyarakat. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Tadkiroatun. M (2008). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta : Universitas Terbuka.

Utami, A. D. (2012). Peningkatan Kecerdasan Intrapersonal dan Kecerdasan Interpersonal Melalui Pembelajaran Project Approach. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI-Vol, 7(2). PG PAUD, FIP Universitas Negeri Jakarta.

Wahyuni, S. (2017). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Di Kelompok B RA An-Nida. JURNAL RAUDHAH, 5(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.