Efektivitas Pembelajaran Daring dalam Memahami Materi Teks Cerita Sejarah di Kelas XII SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Rahma Sarina

Abstract


 Beredarnya covid-19 di Indonesia ini membuat semua sekolah maupun Universitas melakukan pembelajaran secara daring atau belajar di rumah. Tentunya kegiatan ini kurang efektif dilakukan selama pembelajaran berlangsung. Pembelajaran daring ini tentu memiliki sebuah kendala yang dialami oleh para siswa maupun para mahasiswa, kendala yang dialami misalnya terkendalanya fasilitas gawai seperti (hendphone, leptop dan tablet), terkendalanya dalam membeli pulsa atau kuota internet, serta yang paling banyak terkendala yaitu oleh sinyal. Semua ini merupakan suatu kendala yang dialami selama pembelajaran secara daring. Pembelajaran daring ini tidak terkendala hanya pada teknisnya saja, akan tetapi terkendala juga terhadap cara guru menjelaskan pelajaran. Pada umumnya siswa belajar tatap muka yang dijelaskan langsung oleh guru dengan diteal dan sekarang guru hanya bisa menjelaskan pelajaran melalui hendphone dan hanya bisa memberikan tugas, tidak hanya itu pembelajaran daring ini bisa dilakukan dengan tatap muka secara firtual dengan menggunakan aplikasi google meet yang mana pada aplikasi ini guru bisa bertatap muka dengan siswa dan bisa menjelaskan pelajaran secara efektiv walaupun hanya secara firtual. Begitu banyak mata pelajaran yang di tempuh siswa sehingga membuat tugas mereka menjadi banyak juga. Tugas yang banyak membuat siswa semakin merasa terbebani dengan tugas yang diberikan oleh guru. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan efektivitasnya pembelajaran daring yang dilakukan siswa SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta pada masa pendemi. Penelitian tersebut dilakukan agar dapat melihat seberapa aktifnya siswa dalam belajar selama masa pendemi ini, dengan adanya penelitian ini diharapkan bisa meberikan motivasi kepada siswa maupun guru agar lebih memperhatikan cara mengajar yang efektif sehingga membuat siswa merasa nyaman dalam pembelajaran daring.


Full Text:

PDF

References


Kemendikbud. (2020). Panduan Pembelajaran Jarak Jauh (bagi guru selama sekolah tutup dan

pandemi covid-19 dengan semangat merdeka belajar). Direktorat Jenderal Guru dan

Tenaga Kependidikan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XII.

Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.