Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Menggunakan Metode Problem Based Learning (PBL)

Panji Nur Fitri Yanto, Akhmad Fajar Prasetya

Abstract


15 Tahun lagi indonesia akan mengalami bonus demografi, tepatnya pada tahun 2045 dengan lebih banyaknya penduduk angkatan produktif dengan non-produktif. Selain memberikan dampak positif bonus demografi juga bisa memberikan dampak negative apabila sumber daya manusianya tidak dibimbing dan dikelola dengan baik. Melihat realitas yang terjadi, Indonesia masih mempunyai 25 tahun lagi untuk bersiap diri. Persiapan tersebut bisa dimulai dari pendidikan karakter bagi anak-anak muda penerus bangsa. Pendidikan karakter menjadi landasan utama seseorang dalam berperilaku, bertutur kata, bekerja dan integritasnya, apalagi dizaman sekaranng ini pendidikan karakter sudah mulai terdegradasi. Oleh karena permasalaha tersebut, dalam penelitian ini peneliti memfokuskan penelitian mengenai upaya pendidikan karakter menggunakan metode PBL (Problem Based Learning). Metode yang digunakan peneliti yaitu studi analsisis deskriptif melalui studi Pustaka atau kajian literatur dengan menganalisis buku, dokumen, artikel dan jurnal terkait penelitian. Harapannya penelitian ini dapat menjawab fokus dan konsep penelitan yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan karakter di Indonesia.

 


Full Text:

PDF

References


Amir, M. Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Model Problem Based Learning. Jakarta: Media Group, Cet. 1.

APPI. 2010. Rekomendasi Peran Pendidikan dalam Pembangunan Karakter Bangsa. Konferensi dan Workshop tentang Peran Pendidikan dalam Pembangunan Karakter Bangsa pada 16—17 Oktober 2010 di Universitas Negeri Malang (UM).

BPS (Badan Pusat Statistik). 2018. Infografis Prediksi Jumlah Penduduk RI 2045. Teknopreneur.

Depdiknas. 2003. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pusat Dokumentasi Depdiknas. Depdiknas. 2005. Undang-undang Guru dan Dosen. Bandung: Adicita Karya Nusa.

Depdiknas. 2007. Pedoman Penilaian Guru dalam Jabatan. Jakarta: Direktorat Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Doni Koesoema, A. 2010. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grafindo: 2010, cet. II.

Fihris. 2010. Pedidikan Karakter di Madrasah Salafiyah, Semarang: IAIN Walisongo Semarang.

Hidayat, U. S. (2021). Urgensi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Menyiapkan Generasi Emas 2045: Strategi Membangun Generasi Cerdas, Berkarakter dan Berdaya Saing di Abad 21. Nusa Putra Press.

Musfah, J. (2015). Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan, dan Praktik. Kencana.

Mustari, M., & Rahman, M. T. (2011). Nilai karakter: Refleksi untuk pendidikan karakter.

Nurjanah. (2016). Menemukan Nilai Karakter Dalam Pembelajaran. Journal,Iain, 1(1), 1–13.

Ramli, R., & Wijayanti, W. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter Di SMP Negeri 1 Dan Mts Al-Qasimiyah Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(2), 235-251.

Unwidha, R. MENYIAPKAN GENERASI EMAS 2045.

Wicaksono, A. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi (edisi revisi). Garudhawaca.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.