Pentingnya Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Saat Pembelajaran Daring

Amalia Darojati Nashrullah, Erni Hestiningrum

Abstract


Guru bimbingan dan konseling memiliki peran penting pada saat wabah covid ini, yang dimana dampaknya sangat dirasakan oleh para peserta didik. Semakin banyak masalah dalam belajar yang dihadapi siswa, terutama pada malah minat dalam belajar peserta didik. Penelitian memiliki tujuan untung mengetahui bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam rangka meningkatkan minat belajar pada siswa pada saat pembelajaran daring. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif deskriptif dengan studi kepustakaan atau literatur. Data-data di dalam artikel ini berupa data teks dari jurnal dan buku yang relevan dengan mengkaitaka antar variabel yaitu berkaitan dengan peran guru bimbingan dan konseling, minat belajar peserta didik dan pembelajaran daring. Data pada penelitian ini di analisis dengan cara mengkaitkan, membandingkan, menguraikan, lalu menyimpulkan isi dari data yang diperoleh. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Hasil analisis penelitian ini didapatkan bahwasannya peran guru bimbingan dan konseling sangatlah penting dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada masa pembelajaran daring ini.

Full Text:

PDF

References


Alam, Y. (2018). DAMPAK MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA

SMK PGRI 1 PALEMBANG. 19.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi

COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669

Handaka, I. B., & Maulana, C. (2017). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam

Implementasi Gerakan Literasi Nasional. 1(1), 227–237.

Ilyas, S. M. (2018). Peran Guru Bimbingan dan Konseling Mengatasi Trend LGBT (Lesbian, Gay,

Bisexual, dan Transgender) di Sma Negeri 1 Aceh Tamiang. ENLIGHTEN: Jurnal

Bimbingan Konseling Islam, 1(1), 59–77.

Nurihsan, J., & Yusuf, S. (2009). Landasan bimbingan & konseling. Bandung. PT Remaja

Rosdakarya.

Oviyanti, L. D. (2014). KEEFEKTIVAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL

THROWING BERVISI SETS TERHADAP HASIL BELAJAR KOLOID. Chemistry in

Education, 3(1), Article 1.

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/1851

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu

Keislaman, 3(2), 333–352.

Sarnoto, A. Z. (2011). Kontribusi Aliran Psikologi Behaviorisme Terhadap Perkembangan Teori

Ilmu Komunikasi. Statement| Jurnal Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 1(2), 59–66.

Septiani, I., Lesmono, A. D., & Harimukti, A. (2020). ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA

MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN

PENDEKATAN STEM PADA MATERI VEKTOR DI KELAS X MIPA 3 SMAN 2

JEMBER. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 9(2), 64–70.

https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17969

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi Belajar Matematika. Formatif:

Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).

Wendari, W. N., Badrujaman, A., & Sismiati, A. (2016). Profil permasalahan siswa sekolah

menengah pertama (SMP) negeri di Kota Bogor. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling,

(1), 134–139.

Windhiyana, E. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP KEGIATAN PEMBELAJARAN

ONLINE DI SEBUAH PERGURUAN TINGGI KRISTEN DI INDONESIA: Perspektif

Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/PIP.341.1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.