Pendidikan merupakan fondasi utama dalam pembangunan masyarakat yang berkelanjutan dan inklusif. Namun, di banyak negara, tantangan dalam meningkatkan mutu pendidikan masih menjadi persoalan yang kompleks. Hal ini mendorong adopsi berbagai kebijakan dan strategi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu pendekatan yang semakin diperbincangkan dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah konsep Sekolah Penggerak. Konsep ini melibatkan sekolah-sekolah yang menjadi pusat inovasi, pembelajaran, dan kepemimpinan dalam mengembangkan praktik-praktik terbaik dalam pendidikan. Dengan memanfaatkan keunggulan dan pengalaman sekolah-sekolah yang telah berhasil, Sekolah Penggerak berperan sebagai pendorong perubahan yang signifikan dalam sistem pendidikan. Kebijakan Sekolah Penggerak adalah suatu kerangka kebijakan yang memberikan dukungan, bimbingan, dan sumber daya kepada sekolah-sekolah untuk menjadi pusat keunggulan dalam pendidikan. Melalui kebijakan ini, pemerintah, lembaga pendidikan, dan berbagai pemangku kepentingan terlibat dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan sekolah-sekolah penggerak.
Tujuan:
- Memahami konsep dan prinsip dasar Kebijakan Sekolah Penggerak serta peranannya dalam meningkatkan mutu pendidikan.
- Membahas strategi implementasi kebijakan Sekolah Penggerak dalam konteks lokal, regional, dan nasional.
- Menyelidiki dampak dan manfaat yang telah dicapai oleh sekolah-sekolah yang menjadi penggerak dalam transformasi pendidikan.
- Membagikan pengalaman, pelajaran, dan praktik terbaik dari berbagai negara atau daerah yang telah berhasil menerapkan kebijakan ini.
- Merumuskan langkah-langkah konkret untuk mengintegrasikan dan mengoptimalkan kebijakan Sekolah Penggerak dalam upaya menuju perbaikan mutu pendidikan secara menyeluruh.
Waktu dan tempat pelaksanaan
- Sabtu, 27 Juli 2024
- 08.00 – 15.00 WIB (08.00 – 12.00 seminar utama, 13.00 – 15.00 seminar paralel)
- Ruang Sidang lantai 3 UAD Kampus 2A (klik untuk peta) | Zoom meeting (link menyusul) — terdapat perubahan tempat.
Narasumber:
- Prof. Suyata, M.Sc., Ph.D. (Dosen Magister Manajemen Pendidikan FKIP UAD)
- Budi Santosa Asrori, S.E., M.Si. (Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Yogyakarta)
- Naning Hidayati, M.Pd. (Kepala SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta | Alumni Magister Manajemen Pendidikan FKIP UAD)
- Warsito, S.Pd. (Guru penggerak | Mahasiswa Magister Manajemen Pendidika FKIP UAD)
Biaya Pendaftaran:
- Rp 75.000,00 (presenter offline)
- Rp 50.000,00 (presenter online)
- Rp 50.000,00 (peserta offline)
- Rp 25.000,00 (peserta online)
- Diskon 50% bagi mahasiswa S1
Bank Negara Indonesia (BNI)
No. 858161814
an. Risty Kurniasih
Daftar melalui link https://s.id/mpuad-semnas2024
Pendaftaran paling lambat 25 Juli 2024 jam 12.00 WIB
Fasilitas
- e-materi, e-sertifikat, e-prosiding*, makan siang (offline)
- e-materi, e-sertifikat, e-prosiding* (online)
- Prosiding hanya bagi presenter
- Sertifikat terhitung 12 JPL untuk peserta dan 36 JPL untuk presenter. (6 JPL seminar sesi 1, 6 JPL seminar sesi 2, 18 JPL pembuatan dan revisi artikel, 6 JPL finalisasi artikel)
Ruang Lingkup Artikel:
- Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM),
- Pengembangan profesionalisme guru,
- Pengembangan kualitas pembelajaran dalam IKM,
- Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5),
- Program Guru Penggerak (PGP),
- Pengelolaan sekolah.
Informasi dan Narahubung:
Kegiatan diselengarakan oleh Magister Manajemen Pendidikan FKIP UAD
- UAD Kampus 2 Unit A, Jl Pramuka No 42, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta 55161, DIY
- Unduh Flyer DISINI
- Template artikel DISINI
- Susunan Acara DISINI
- WhatsApp: 0858 5550-9260 / 0895-2894-0986 (hanya chat)
- Email: humas@mp.uad.ac.id
- Website: pasca-mp.uad.ac.id