Optimalisasi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru PAUD Melalui Lesson Study

Fadhila Nurul Hashyim

Abstract


Profesi guru berperan penting dalam pembangunan berkelanjutan, namun masih ada guru yang kurang mendalami kompetensi seorang pendidik.Kurangnya pemahaman guru mengenai kompetensi profesional seorang pendidik masih sering terjadi.Pengembangan materi pembelajaran secara kreatif masih kurang.Guru PAUD juga masih kurang mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber. Kompetensi profesional merupakan salah satu dari empat kompetensi yang harus dikuasai seorang guru. Kompetensi profesional adalah penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkannya membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan. Kompetensi profesional adalah kemampuan yang harus dimiliki guru dan perencanaan dan pelaksanaan proses pembelajaran. Lesson study adalah “sebuah siklus” dimana guru-guru bekerjasama dalam menetapkan tujuan jangka panjang bagi siswa/peserta didik, mewujudkan tujuan tersebut melalu serangkaian penelitian pembelajaran, melalui observasi kolaboratif dan diskusi guna meningkatan mutu pembelajaran tersebut. Kompetensi guru berperan penting dalam pembangunan berkelanjutan menuju Indonesia Emas 2045.Untuk mencapai hasil optimal, guru harus menguasai dan mendalami kompetensi seorang pendidik. Salah satu cara yang dapat mengoptimalkan kompetensi profesional guru PAUD adalah lesson study.

Keywords


peningkatan kompetensi profesional; guru PAUD; lesson study

Full Text:

PDF

References


Febrialismanto, F. (2017). Analisis Kompetensi Profesional Guru PG PAUD Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 121-136.

Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Mahmudi, A. (2009). Mengembangkan Kompetensi Guru Melalui Lesson Study. Forum Kependidikan, 28(2), 84-89.

Masnipal. (2013). Siap Menjadi Guru & Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Latif, M. (2016). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori & Aplikasi. Jakarta: Kencana.

Sit, M. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Pertama. Depok: Kencana.

Sya'bani, M. (2018). Profesi Keguruan: Menjadi Guru yang Religius dan Bermatabat. Gresik: Caremedia Communication.

Wijaya, I. (2018). Professional Teacher: Menjadi Guru Profesional. Sukabumi: CV Jejak.

Zaenab, S & Syahbudin. (2015). Profesionalisme Guru PAUD Menuju NTB Bersaing (Pengantar Manajemen Pendidikan, Praktik, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Deepublish.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.