IMPLEMENTASI KAHOOT SEBAGAI INSTRUMEN TES PEMBELAJARAN FISIKA DI ERA DIGITAL

Atina Rahmawati, Muhtar Husnadi, Mochammad Irsyadul Haj

Abstract


Media pembelajaran berbasis teknologi di era digital 4.0 semakin berkembang. Keberadaan media pembelajaran ini mendorong proses pembelajaran fisika dimana pelajaran fisika menjadi pelajaran yang dibenci sebagian besar peserta didik. Perlu adanya pembelajaran inovatif agar peserta didik tertarik dengan pelajaran fisika. Dengan proses pembelajaran berbasis teknologi yang menyenangkan, peserta didik dapat terkesan ketika belajar fisika. Proses pembelajar fisika perlu diukur dalam bentuk tes evaluasi yang memanfaatkan teknologi. Salah satu teknologi mutakhir dalam evaluasi pembelajaran yaitu aplikasi Kahoot!. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi Kahoot! sebagai instrumen tes pembelajaran fisika di era digital. Kahoot! merupakan aplikasi online berbasis website yang dapat digunakan sebagai evaluasi pembelajaran. Penggunaan Kahoot! dengan tampilan menarik, berwarna, dan mudah digunakan menjadikan pengalaman evaluasi pembelajaran fisika yang mengesankan bagi peserta didik. Penggunaan Kahoot! yang mudah dilakukan pengaturan berdasarkan jenis pertanyaan serta pilihan-pilihan jawaban tertentu, menyebabkan guru cukup mudah dalam adaptasi pembuatan instrumen tes menggunakan Kahoot!. Peserta didik dapat menggunakan smartphone masing-masing dalam menggunakan aplikasi Kahoot!. Peserta didik perlu menjawab beberapa pertanyaan, pernyataan, atau penyelesaian suatu permasalahan pada soal yang ditampilkan Kahoot! dalam waktu tertentu. Skor yang diraih peserta didik pun ditampilkan secara transparan dan urut dengan poin bagi jawaban benar serta poin khusus bagi penjawab tercepat. Hal ini dapat memicu semangat peserta didik dalam menjawab pertanyaan yang muncul dari Kahoot!. Dengan adanya aplikasi Kahoot!, diharapkan tercipta pelajaran fisika yang menyenangkan dan berkesan bagi peserta didik.

Keywords


Internet; Instrumen tes; Media Kahoot!; Penyelesaian masalah; Pembelajaran berkesan

Full Text:

PDF

References


Angriani, A. D., Nursalam, & Batari, T. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Eliyanah. (2018). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Akhlak Kelas 6 MIN 1 Adirejo Lampung Timur. Lampung: UP UIN RI.

Ewa, Z. P. (2016). Kahoot It or Not? Can Games Be Motivating in Learning Grammar? Teaching English with Technology, 16(3), 17-36.

Jacobs & Chase. (1992). Developing and Using test Effectively. San Fransisco: Jossey-Bass Publishers.

Kementerian Perindustrian. (2014). Making Indonesia 4.0. Jakarta.

Nursalam, N. (2016). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika: Studi pada Siswa SD/MI di Kota Makassar. Lentera Pendidikan, 19(1), 1–15.

Putri, A. R., & Muzakki, M. A. (2019). Implemetasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning Dalam Mengahadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan, 219.

Rofalina, F. (2015). Infografik: Pelajaran Paling Disukai dan Dibenci Siswa Indonesia. Retrieved from: https://www.zenius.net/blog/7657/pelajaran-disukai-dibenci-siswa.

Yulianto, Y. (2012). Media Pembelajaran Sebagai Alat Bantu dalam Meningkatkan Suatu Proses Dan Hasil Pembelajaran. Yogyakarta: UP TIK UNY.

Zainul & Nasution. (2001). Penilaian Hasil belajar. Jakarta: Dirjen Dikti.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.