STRATEGI LAYANAN PERENCANAAN INDIVIDUAL UNTUK MENGEMBANGKAN WORK READINESS PADA SISWA SMK

Shopyan Jepri Kurniawan, Agus Ria Kumara, Caraka Putra Bhakti

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk memberikan referensi pendekatan dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah, yaitu menggunakan perencanaan individual. Terkhususnya pada siswa SMK yang merupakan sekolah menciptakan tenaga kerja, akan tetapi masih banyak yang tidak sesui yang diharapakan oleh industri tetapi masih saja belum menguasai secara kompetensi, oleh karenanya salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan layanan perencanaan individual dimana konselor dapat menggunakan strategi layanan bimbingan dan konseling yang dapat digunakan adalah dengan melakukan konseling individu untuk membantu siswa dalam merencanakan khususnya dalam work readiness, dimana selain konselor yang terlibat aktif dalamnya diharapkan siswa juga dapat membantu merencanakan tentang kesiapannya di dunia kerja.

 


Keywords


BK; Layanan perencanaan individual; SMK; Work readiness

Full Text:

PDF

References


Bhakti, C. P. 2015. Bimbingan dan Konseling Komprehensif: Dari Paradigma Menuju Aksi.Jurnal Fokus Konseling, 1(2), 93-106

Bhakti, C. P., Nindiya, E. S., & Fuad, A. R. (2016). Improving Quality of Education through Collaboration System in the Perspective of Comprehensive Guidance and Counseling.

Fathur Rahman. 2009. Bimbingan dan Konseling Komprehensif; Dari Paradigma Menuju Aksi. Disampaikan pada Workshop Penyusunan Program BK Komprehensif bertempat di Ruang Sidang Utama Rektorat UNY, Kerjasama Prodi BK UNY dan PD ABKIN DIY. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Gysbers, N.C. & Henderson P. (2012). Developing and Managing Your School Guidance and Counseling Program FIFTH Edition. Alexandria: American Counseling Assosiation.

Hardjana, A.M. (2003) Komunikasi Intrapersonal & Interpersonal Kanisius,Yogyakarta

Kartadinata, S. (2011). Menguak tabir bimbingan dan konseling sebagai upaya pedagogis.

Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Putranti, D., Rahman, F. A., & Aji, B. S. Strategi Supervisi Layanan Bimbingan Dan Konseling Berbasis Integrated Nstructional Strategy: Alternatif Strategi Konselor Di Era Digital. Prosiding, 103.

Robert P. Brady, E (2009). Work Readiness Inventory Administrator’s Guide.Journal of International,141-160.

Sewel,L.D (2007). The Key to Employability: developing A Model of Graduete Employability: Journal pdf Education and Training, 227-289

VanZandt, Z., & Hayslip, J. (2001). Developing Your School Counseling Program: A Handbook for Systemic Planning. Wadsworth/Thomson Learning, 10 Davis Dr., Belmont, CA 94002-3098


Refbacks

  • There are currently no refbacks.