Metode Bermain Plastisin dalam Meningkatkan Kreatifitas Anak Usia 3 – 4 Tahun

Nining Lestari

Abstract


Masih rendahnya pembelajaran melalui bermain plastisin pada anak usia dini membuat anak selalu mengandalkan lembar kerja siswa (LKA) secara terus menerus menimbulkan anak dalam kreatifitas menurun kemandirian pun  belum menyentuh daya kreatifitas anak.hal ini menimbulkan anak dalam kreasi dan seni ketrampilan berkurang  sehingga perlu metode pembelajaran yang mampu meningkatkan kreatifitas anak, salah satunya dengan metode plastisin.

 Metode pembelajaran plastisin ini anak diharapkan dapat langsung praktek dengan percobaan langsung guna untuk  meningkatkan kreatifitas anak sehingga anak dapat belajar sambil bermain.tugas sebagai guru adalah sebagai fasilitator dan menjelaskan langsung tentang sebab akibat tentang kreatifitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode plastisin dalam meningkatkan kreatifitas  baru sebagai kemampuan untuk memberikan gagasan baru yang dapat diterapkan dalam pecahan masalah.

Melalui metode bermain plastisin  anak dapat berkreasi semaksimal mungkin tanpa bantuan orang lain  dengan daya pikir yang logis dan inovatif. Metode bermain plastisin dapat meningkatkan motivasi belajar anak, sehingga daya kreativitas anak jadi meningkat.


Full Text:

PDF

References


Ismail, A. (2010) Education Games Menjadi Cerdas Dan Ceria Dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta :Pilar Media

Utami Munandar (1995) Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: P.T.Rineka Cipta.

Zahra (2011) “Penerapan Belajar Melalui Bermain Dalam Meningkatkan Kreativitas Dan Motorik Halus Anak Usia Dini” Universitas Alkhairat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.