Peningkatan daya saing UMKM Ikatan Pengusaha Aisyiyah Bantul melalui integrated marketing

Lu'lu' Nafiati, Sulistyawati Sulistyawati, Tri Wahyuni Sukesi, Fanani Arief Ghozali, Surahma Asti Mulasari, Fatwa Tentama, Bambang Sudarsono, Herman Yuliansyah

Abstract


UMKM selama ini memiliki peran dan kontribusi yang besar bagi perekonomian Indonesia, namun perkembangan UMKM masih menunjukkan daya saing yang rendah. Pemasaran menjadi salah satu permasalahan utama yang menyebabkan bisnis kurang berkembang. Hal ini juga dialami oleh pengusaha yang tergabung dalam Ikatan Pengusaha Aisyiyah (IPAS) Bantul. Selain permasalahan mengenai pemasaran, anggota IPAS Bantul juga memiliki permasalahan dalam hal mendesain kemasan untuk produknya, khususnya kemasan ramah. Kemasan memegang peranan penting terkait pilihan konsumen terhadap produk. Oleh karena itu, penting bagi para tim pengabdian untuk memberikan pemahaman serta keterampilan bagi para pengusaha yang tergabung dalam IPAS Bantul dalam meningkatkan kemampuan pemasaran serta pembuatan desain kemasan. Metode yang digunakan untuk mengatasi permsalahan tersebut adalah dengan melakukan: (i) pelatihan integrated marketing communication dan penentuan segmentasi, target, dan posisi pasar, (ii) pelatihan dan pendampingan pemasaran melalui media sosial, (iii) pelatihan dan pendampingan pemasaran melalui marketplace (iv) pelatihan mengenai pentingnya kemasan dalam meningkatkan penjualan dan kemasan ramah lingkungan dalam menanggapi darurat sampah, (v) pelatihan dan pendampingan pembuatan desain logo dan kemasan. Berdasarkan uji sebelum dan setelah kegiatan pengabdian, para pengusaha IPAS Bantul menunjukkan peningkatan kemampuan dalam menentukan target pasar, melakukan pemasaran melalui media sosial dan marketplace serta pemahaman mengenai desain kemasan.

Keywords


Integrated marketing; kemasan; pemasaran; ramah lingkungan; UMKM

Full Text:

PDF

References


Boz, Z., Korhonen, V., & Sand, C. K. (2020). Consumer Considerations for the Implementation of Sustainable Packaging: A Review. Sustainability 2020, Vol. 12, Page 2192, 12(6), 2192. https://doi.org/10.3390/SU12062192

Chen, Y. S., Hung, S. T., Wang, T. Y., Huang, A. F., & Liao, Y. W. (2017). The influence of excessive product packaging on green brand attachment: The mediation roles of green brand attitude and green brand image. Sustainability (Switzerland), 9(4). https://doi.org/10.3390/SU9040654

Duralia, O. (2018). Integrated marketing communication and its impact on consumer behavior. Studies in Business and Economics, 13(2), 92–102. https://doi.org/10.2478/SBE-2018-0022

Luxton, S., Reid, M., & Mavondo, F. (2015). Integrated Marketing Communication Capability and Brand Performance. Https://Doi.Org/10.1080/00913367.2014.934938, 44(1), 37–46. https://doi.org/10.1080/00913367.2014.934938

Payne, E. M., Peltier, J. W., & Barger, V. A. (2017). Omni-channel marketing, integrated marketing communications and consumer engagement: A research agenda. Journal of Research in Interactive Marketing, 11(2), 185–197. https://doi.org/10.1108/JRIM-08-2016-0091/FULL/XML

Wicaksono, P. (2019). UMKM Berperan Penting Atasi Kemiskinan di Yogyakarta. Tempo. https://bisnis.tempo.co/read/1191395/umkm-berperan-penting-atasi-kemiskinan-di-yogyakarta/full&view=ok

Yuliansyah, H., Mulasari, S. A., Tentama, F., Sulistyawati, S., Nafiati, L., & Sukesi, T. W. (2022). Pengembangan dan Pemanfaatan Platform Digital Untuk Desa Wisata di Desa Ngoro-oro Gunungkidul. IJCOSIN: Indonesian Journal of Community Service and Innovation, 2(1), 56–65. https://doi.org/10.20895/IJCOSIN.V2I1.385

Boz, Z., Korhonen, V., & Sand, C. K. (2020). Consumer Considerations for the Implementation of Sustainable Packaging: A Review. Sustainability 2020, Vol. 12, Page 2192, 12(6), 2192. https://doi.org/10.3390/SU12062192

Chen, Y. S., Hung, S. T., Wang, T. Y., Huang, A. F., & Liao, Y. W. (2017). The influence of excessive product packaging on green brand attachment: The mediation roles of green brand attitude and green brand image. Sustainability (Switzerland), 9(4). https://doi.org/10.3390/SU9040654

Duralia, O. (2018). Integrated marketing communication and its impact on consumer behavior. Studies in Business and Economics, 13(2), 92–102. https://doi.org/10.2478/SBE-2018-0022

Luxton, S., Reid, M., & Mavondo, F. (2015). Integrated Marketing Communication Capability and Brand Performance. Https://Doi.Org/10.1080/00913367.2014.934938, 44(1), 37–46. https://doi.org/10.1080/00913367.2014.934938

Payne, E. M., Peltier, J. W., & Barger, V. A. (2017). Omni-channel marketing, integrated marketing communications and consumer engagement: A research agenda. Journal of Research in Interactive Marketing, 11(2), 185–197. https://doi.org/10.1108/JRIM-08-2016-0091/FULL/XML

Wicaksono, P. (2019). UMKM Berperan Penting Atasi Kemiskinan di Yogyakarta. Tempo. https://bisnis.tempo.co/read/1191395/umkm-berperan-penting-atasi-kemiskinan-di-yogyakarta/full&view=ok

Yuliansyah, H., Mulasari, S. A., Tentama, F., Sulistyawati, S., Nafiati, L., & Sukesi, T. W. (2022). Pengembangan dan Pemanfaatan Platform Digital Untuk Desa Wisata di Desa Ngoro-oro Gunungkidul. IJCOSIN: Indonesian Journal of Community Service and Innovation, 2(1), 56–65. https://doi.org/10.20895/IJCOSIN.V2I1.385


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lu'lu' Nafiati, Sulistyawati Sulistyawati, Tri Wahyuni Sukesi, Fanani Arief Ghozali, Surahma Asti Mulasari, Fatwa Tentama, Bambang Sudarsono, Herman Yuliansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License