Pelatihan Pengembangan Desain Aktifitas Pembelajaran Interaktif dengan Desmos

Kunti Robiatul Mahmudah, Nur Robiah Nofikusumawati Peni, Iwan Tri Riyadi Yanto

Abstract


Desmos adalah platform yang memiliki berbagai sarana matematika seperti kalkulator grafik, kalkulator ilmih, kalkulator empat fungsi, kalkulator matriks, dan sarana geometri. Selain itu, Desmos juga menyediakan fitur aktifitas kelas yang dapat dimanfaatkan dalam mendesain dan menyelenggarakan pembelajaran di kelas baik secara daring maupun luring. Sehingga Desmos merupakan salah satu teknologi yang memiliki potensi untuk membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan sebagai salah satu opsi teknologi yang dapat membantu guru mengeksporasi kreatifitas mereka dalam mendesain pembelajaran yang menyenangkan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diadakan untuk memberikan pelatihan sebagai upaya pengembangan diri bagi guru. Pelatihan difokuskan pada kegiatan mendesain aktivitas pembelajaran dan pembuatan soal menggunakan Desmos yang bertempat di MI Muhammadiyah Ngasem dan UAD. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan pelatihan yang dilakukan berhasil meningkatkan pemahaman peserta terhadap pemanfaatan dan penggunaan platform Desmos untuk mengembangkan pembelajaran yang berbasis teknologi. Dampak dari kegiatan pengabdian ini, peserta memperoleh pengetahuan baru terkait media maupun platform yang dapat digunakan untuk mengembangkan pembelajaran berbasis teknologi yang efektif serta interaktif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang serupa perlu dilakukan agar para guru dalam menyelenggarakan pembelajaran semakin optimal dan kreatif dengan memanfataakan teknologi serta mengintegrasikannya dengan ilmu pengetahuan.


Keywords


Desmos, ICT, Pelatihan, Pembelajaran Interaktif, Aktifitas Kelas.

Full Text:

PDF

References


Belnap, J. K., & Parrott, A. (2020). Putting Technology in Its Place. Mathematics Teacher: Learning and Teaching PK-12, 113(2), 140–146. https://doi.org/10.5951/MTLT.2019.0073

DeGilio, M. (2022). Creating Custom Desmos Activities Using Desmos Activity Builder to Create Effective Lessons for Online Learning During Covid-19. Master's thesis, SUNY Brockport, Department of Education and Human Development. http://hdl.handle.net/20.500.12648/7163

Dewi, M. S. (2020). Sequential Exploratory: Pembelajaran Seni Tari Bagi Calon Guru Madrasah Ibtidaiyah Di Masa Pandemi Covid-19. ElementerIs: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 18-32. http://riset.unisma.ac.id/index.php/je/article/view/6888

Dyah, L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flip Chart Berbasis Cerita Fabel Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V SD/MI. Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/19943/

Koswara, U., W., T. Y., & Rosita, N. T. (2017). Pelatihan Program GeoGebra Bagi Guru Matematika SMP di Kabupaten Sumedang. EDIMAS, 8(1), 77. https://doi.org/10.26877/edimas.v8i1.1376

Kunti, R.M. (2012). Problem Based Learning Berbantuan Cabri 3D untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Minat pada Materi Dimensi Tiga. Skripsi, Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/16256/

Mastur, M., Afifulloh, M., & Dina, L. N. A. B. (2020). Upaya Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jpmi: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(3), 72–81. http://riset.unisma.ac.id/index.php/JPMI/article/view/7613

Purwanto, A. (2020). Studi Eksplorasi Dampak Work from Home (WFH) Terhadap Kinerja Guru Selama Pandemi Covid-19. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 92-100. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/418

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Thoiyibi, M., & Nuzli, M. (2022). Using Edmodo as a Media of E-Learning Learning in Educational Technology Courses. Sinkron: jurnal dan penelitian teknik informatika, 7(2), 478-484. https://doi.org/ 10.33395/sinkron. v7i2.11349


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Kunti Robiatul Mahmudah, Nur Robiah Nofikusumawati Peni, Iwan Tri Riyadi Yanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License