Pelatihan Manajemen Perpustakaan dan Literasi Digital di Lingkungan SMP Muhammadiyah 1,2,3 Dayeuhluhur Cilacap

tedy setiadi, Hendra Darmawan, Muhammad Azis, Naufal Naufal

Abstract


Saat ini Perpustakaan Sekolah di lingkungan sekolah Muhammadiyah Kecamatan Dayeuhluhur kabupaten Cilacap belum dikelola dengan baik, layanan perpustakaannya belum optimal serta minat baca yang rendah serta pemahaman literasi digital yang minim guru maupun siswanya.Padahal, perpustakaan sekolah berperan penting dalam menunjang proses pembelajaran dan bahkan saat ini sebagai ikon prestise dan alat promosi efektif sekolah. Kondisi lain juga minat baca yang masih kurang ditandai dengan minimnya yang mengakses perpustakaan. Berdasarkan masalah tersebut, tujuan pengabdian ini adalah melakukan pelatihan manajemen perpustakaan sekolah di lingkungan sekolah Muhammadiyah Dayeuhluhur Cilacap serta pelatihan literasi digital bagi guru untuk meningkatkan minat baca.

            Metode pelaksanan kegiatan meliputi survei ke lokasi dengan melakukan diskusi dengan PCM maupun pihak sekolah. Kemudian dilanjutkan melakukan pelatihan manajemen perpustakaan sekolah untuk mendorong akreditasi perpustakan, pelatihan pengelolaan layanan koleksi dan penerapan konsep perpustakaan digital, seminar literasi digital di lingkungan guru dan siswa muhammadiyah. Langkah terakhir, evaluasi kegiatan dengan memberikan kuisioner tingkat kepuasan mitra. Kegiatan untuk survei dan pelatihan manajemen perpustakaan tanggal 17-18 Juni 2022, sedangkan untuk  pelatihan penanganan koleksi dan pelatihan literasi digital tanggal 12-13 Agustus 2022.

            Hasil evaluasi kegiatan dengan uji penerimaan peserta menunjukkan kepuasan dari peserta mencapai 89,4% terhadap materi manajemen perpustakaan dan 86.4% untuk literasi digital. Keberlanjutan kegiatan ini diharapkan dapat  meningkatkan mutu perpustakaan  maupu sekolah di lingkungan Sekolah Muhammadiyah Dayeuhluhur Cilacap, sehingga dapat mendongkrak akreditasi sekolah. Selain itu, dengan perpustakaan representatif maka menjadikan nilai promosi bagi Sekolah untuk meningkatkan jumlah peserta didik.


Keywords


manajemen, perpustakaan,literasi, digital

Full Text:

PDF

References


. S., Syahri, M., Ernaningsih, D. N., Inawati, & Dewi, A. N. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Manajemen Perpustakaan Sekolah Berbasis Teknologi Informasi. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 427–436. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i2.5260

Abid, N. (2017). Peluang Dan Tantangan Pelayanan Perpustakaan Berbasis Media Sosial: Perspektif Pustakawan Stain Kudus. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 5(1), 47. https://doi.org/10.21043/libraria.v5i1.2343

Elvy, E., & Heriyanto, H. (2021). Peran Perpustakaan Perguruan Tinggi Dalam Mendukung Implementasi Sustainable Development Goal 4. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 42(1), 153. https://doi.org/10.14203/j.baca.v42i1.732

Hájek, P., & Stejskal, J. (2014). Library user behavior analysis - Use in economics and management. WSEAS Transactions on Business and Economics, 11(1), 107–116.

Karima, O. N. (2021). Pengelolaan Perpustakaan Sebagai Alternatif Penguatan Budaya Literasi Di Sd Muhammadiyah Sudagaran Wonosobo. Jurnal DInamika Manajemen Pendidikan, 6(1), 85–96.

Martin, S., & Setiadi, T. (2017). Pengukuran Kepuasan Pemustaka Terhadap Kualitas Perpustakan UAD dengan metode CSI. Jurnal Sarjana Informatika FTI UAD. Retrieved from http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF/article/view/10843/pdf_121

MARTUTIK, SETIAWAN, SAFII, M., & ANSOR, S. (2021). Peningkatan kapasitas manajemen perpustakaan untuk mendukung gerakan literasi sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 0(0). Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/18284

Pendahuluan, A. (n.d.). Disampaikan dalam pelatihan “Menyongsong Akreditasi Perpustakaan Sekolah”, Cilacap 25 Feburari 2013 Staf Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta 2 1. 1–10.

Sardani, S., Khairuddin, K., & Usman, N. (2021). Manajemen Program Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sd Di Gugus 1 Indrapuri Aceh Besar. Visipena, 12(1), 17–29. https://doi.org/10.46244/visipena.v12i1.1262

Setiadi, T., Ratih, R., Sudaryanti, S., & Pujiastuti, A. (2022). Klasterisasi Buku dan Peminjam Buku di Perpustakaan dengan Metode Analisis Jejaring Sosial dan Deteksi Komunitas. 256–266.

Suharso, P., Arifiyana, I. P., & Wasdiana, M. D. (2020). Layanan perpustakaan perguruan tinggi dalam menghadapi pandemi covid-19. Anuva, 4(2), 271–286.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 tedy setiadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License