PENGEMBANGAN DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN DI MA ALAM MUHAMMADIYAH 5 SIDOHARJO, PULUNG, PONOROGO

Fadhlurrahman Fadhlurrahman, Fandi Akhmad, Qaem Aulasyahied, Roihanah Fatkhurochman, Asih Kartika Putri, Reza Amin Nur Ihsan

Abstract


Secara Nasional, MA Alam Muhammadiyah 5 Sidoharjo, Pulung, Ponorogo merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berbasis alam di Indonesia. Tetapi sekolah ini menjadi lembaga pendidikan awal yang berbasis alam di daerah Pulung, Ponorogo. Beberapa guru dan tenaga kependidikan yang berasal dari daerah setempat. dari bapak ibu guru selain mengajar juga berprofesi sebagai petani dan peternak sehingga waktu mereka sudah habis dan tidak banyak berfokus pada perkembangan media pembelajaran. Padahal masa sekarang kemajuan digital dan literasi harus terus digalakkan hingga pelosok negeri seiring dengan perkembangan di era 5.0.Maka kami hadir berusaha membantu bapak ibu guru untuk membuat desain media pembelajaran yang lebih menarik agar siswa tidak jenuh dan bisa lebih akrab dengan dunia pendidikan digital.

Era digital ini sebenarnya sangat mudah untuk dipelajari, dengan syarat harus lebih sering berinteraksi dengan aplikasi digital yang ada. Solusi bagi bapak ibu guru adalah dengan pelatihan pengembangan desain media pembelajaran yang bersifat intensif. Metode pelaksanaannya dengan diawali assessment guna mengukur tingkat pemahaman awal guru tentang desain media pembejaran. Kedua, penyuluhan dan pelatihan. Pada tahap ini guru diberikan penjelasan secara umum tentang media pembelajaran dan penggunaannya. Ketiga, proses pendampingan. Tim pakar mendampingi secara mendalam setiap guru untuk memahami dan mempraktekkan desain media pembelajaran. Keempat, workshop pembuatan media pembelajaran di setiap mata pelajaran yang diampu masing-masing guru di sekolah. Rencana kegiatan sudah kami mulai dengan menghubungi mitra, dan mitra sudah menyatakan kesiapannya. Kami sudah mendapatkan dukungan dari Pimpinan Cabang Aisyiah Pulung dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini. Ibu Muti’atul Khairiyyah selaku pimpinan cabang Aisyiyah menegaskan bahwa program pengabdian ini sangat bermanfaat untuk pengembangan softskill para guru. Bapak Yuzril selaku kepala MA Alam Muhammadiyah, Pulung menyampaikan bahwa program semacam ini sangat membantu dan mengembangkan gaya guru dalam proses pembelajaran. Guru menjadi lebih percaya diri dalam mengajar di kelas dan siswa semakin semangat menimba ilmu, siswa pun mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru. Sehingga suasana pembelajaran di kelas menjadi kreatif dan inovatif ( active learning ).


Keywords


Desain Media Pembejaran; MA Alam Pulung; Guru di Era Digital

Full Text:

PDF

References


Aisyah, A. (2020). DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WEBSITE. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.33087/phi.v4i1.79

Aruna, A., Inayah, L., Roziqin, M. F. A., & Prasetyo, A. R. (2021). Rancang Desain Media Pembelajaran Berbasis Game Sejarah Perjalanan Jendral Soedirman dalam Perang Gerilya Kabupaten Pacitan. Jurnal Basicedu, 5(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1450

Hidayatulloh, S., Praherdhiono, H., & Wedi, A. (2020). Pengaruh Game Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pemahaman Ilmu Pengetahuan Alam. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.17977/um038v3i22020p199

Jayanti, A. P., & Yuniawan, T. (2021). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MELALUI MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA ANIMASI DAN MEDIA AUDIOVISUAL PERISTIWA ALAM PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1).

Meo, L., Weu, G., & BS, Y. N. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1). https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.101

Muh Yuzril Syamsu Ardhy. (2022). Wawancara dengan Kepala Sekolah MA Alam Muhammadiyah 5, Sidoharjo, Pulung Ponorogo.

Ningsih, Y., & Rakhmad, H. (2016). Peningkatan Minat Belajar Bahasa Inggris Bagi Siswa MTS. Raudlatul Ulum Kecamatan Panti Kabupaten Jember Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Video Conversation. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v1i1.130

Nuraeni, F., & Risdiani, I. (2016). Perancangan Media Informasi Akademik Siswa Berbasis Android. Jurnal VOI (Voice Of Informatics).

Pangestu, R. D., Mayub, A., & Rohadi, N. (2019). Pengembangan Desain Media Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Video pada Materi Gelombang Bunyi. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1). https://doi.org/10.33369/jkf.1.1.48-55

Purba, J. S. R. (2020). Pelatihan dengan Metode Micro Teaching dan Peer Assessment Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Mengajar Guru. Jurnal Kependidikan Betara, 1(4).

Rosiyanti, H., Eminita, V., & Riski, R. (2020). Desain Media Pembelajaran Geometri Ruang Berbasis Powtoon. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1).

Supryadi, D. (2017). Meningkatkan Mutu Guru Mengajar Dengan Menerapkan Pembelajaran Inovatif Model Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Melalui Diskusi KKG di SDN …. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fadhlurrahman Fadhlurrahman, Fandi Akhmad, Qaem Aulasyahied

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License