Pembelajaran berbasis pendidikan karakter untuk meminimalkan learning loss akibat pandemi dengan implementasi aplikasi, athcitymap di Sekolah Indonesia Bangkok dan Davao

Puguh Wahyu Prasetyo, Fariz Setyawan, Hardi Suyitno

Abstract


Pandemi Covid-19 selama lebih dari dua tahun mengakibatkan berbagai dampak negative baik dari bidang perekonomian maupun bidang pendidikan. Learning loss merupakan salah satu hal yang diklaim diakibatkan karena pandemic di bidang Pendidikan yang diduga disebabkan oleh pembelajaran secara daring yang kurang maksimal. Di lain pihak, menjadi tantangan tersendiri bagi sekolah Indonesia yang di Luar Negeri. Learning loss yang dialami bisa menjadi sangat fatal jika sudah berkaitan dengan karakter. Yang artinya, karakteristik bangsa Indonesia yang luhur dikhawatirkan dapat mulai luntur dengan kurangnya interaksi dalam proses pembelajaran. Untuk mencegah hal itu, dalam program ini dirancang untuk memberikan pelatihan berbasis Pendidikan karakter yang diimplementasikan dalam aplikasi Mathcitymap khususnya untuk meningkatkan karakter berkolaborasi untuk mempertahankan rasa ke Gotong-Royongan yang merupakan nilai luhur bangsa Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua semester yaitu Semester Genap TA 2021/2022 dan Ganjil TA 2022/2023 melalui aktivitas sinkron dan asinkron. Untuk aktivitas sinkron tepatnya pada tanggal 19 dan 26 Agustus 2022 dan 9 dan 16 September 2022. Pada pelatihan ini peserta telah berhasil Menyusun objek dalam aplikasi Mathcitymap.


Keywords


Pendidikan Karakter, Mathcitymap

Full Text:

PDF

References


Anggraini, S. (2016). Budaya literasi dalam komunikasi. Wacana.

Aunio, P., & Rasanen, P. (2016). Core numerical skills for learning mathematics in children aged five to eight years–a working model for educators. European Early Childhood Education Research Journal.

Cahyono, A. N., & Ludwig, M. (2016). Exploring Mathematics Around the City. The Proceedings of the 13th International Congress on Mathematical Education, (pp. 1-8).

Cahyono, A. N., Ludwig, M., & Maree, S. (151-158). Designing mathematical outdoor tasks for the implementation of The MathCityMap-Project in Indonesia,”, 2015. The Proceedings of the 7th ICMI-East Asia Regional Conference on Mathematics Education, (p. 2015).

Damayantie, A. R. (2015). Literasi Dari Era Ke Era. Sasindo J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones.

Ekowati, C. ( 2015). The Application of Contextual Approach in Learning Mathematics to Improve Students Motivation at SMPN 1 Kupang. International Education Studies, 81-86.

Heuvel-Panhuizen, M. v., & Drijvers, P. (2014). Realistic mathematics education. Encyclopedia of mathematics education, S. Lerman, ed., Dordrecht: Springer Science+Business Media, 521-525.

Hidayah, I., Dwijanto, & Istiandaru, A. (2018). Manipulatives and Question Series for Elementary School Mathematics Teaching on Solid Geometry. International Journal of Instruction, 649-662.

Kharizmi, M. ( 2019). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. J. Pendidik. Almuslim.

Laurens, T., Batlolona, F. A., Batlolona, J. R., & Leasa, M. (2018). T. Laurens, F.A. Batlolona, J.R. Batlolona and M. Leasa, "How does Realistic Mathematics Education (RME) improve students’ mathematics cognitive achievement.", vol. 14, no. 2,. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 569-578.

Prasetyo, P. W., Istiandaru, A., Setyawan, F., Istihapsari, V., & Disasmita, C. E. (2019). Using the gong perdamaian nusantara monument and planetarium to develop mathcitymap tasks. International Journal of Scientific and Technology Research, 1-7.

PurandinaI, I. P., & Astra Winaya, M. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta Jurnal Ilmu Pendidikan, 270-290.

Radford, J., Bosanquet, P., Webster, R., & Blatchford, P. (2015). Scaffolding learning for independence: Clarifying teacher and teaching assistant roles for children with special educational needs. Learning and Instruction, 1-10.

Mathcitymap team. (2019). Criteria for a good task. Retrieved from https://mathcitymap.eu/en/tutorials-en/: ttps://mathcitymap.eu/en/tutorials-en

Widianto, E. (2015). Peran Orangtua Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Keluarga. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 31-39.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Puguh Wahyu Prasetyo, Fariz Setyawan, Hardi Suyitno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License