Pelatihan Penerapan Blended Learning dengan Metode Flipped Classroom untuk Mengoptimalkan Kualitas Pembelajaran Pasca Covid di SD Muhammadiyah Wonorejo

Vera Yuli Erviana, Laila Fatmawati

Abstract


Perubahan iklim pembelajaran di sekolah mengalami dampak yang signifikan, terutama setelah pandemic covid-19. Dampak tersebut juga dirasakan di sekolah mitra PkM (SD Muhammadiyah Wonorejo). Adapun permasalahan yang dialami oleh mitra antara lain: 1) guru mengalami kesulitan dalam menyusun perangkat pembelajaran pada Kurikulum Merdeka; 2) guru-guru di sekolah mitra belum memiliki pemahaman tentang new model blended learning (NEOBEL) dengan metode flipped classroom; 3) pemanfaatan aplikasi canva juga belum maksimal. Tujuan PkM dilakukan adalah 1) meningkatnya ketrampilan guru mitra dalam mengembangan perangkat pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka; 2) meningkatnya pemahaman mitra tentang teori NEOBEL untuk mengoptimalkan kualitas pembelajaran pasca covid; dan 3) meningkatnya ketrampilan guru mitra dalam penggunaan aplikasi canva. Metode dalam pelaksanaan PkM ini menggunakan sosialisasi, 3 kali pelatihan dan 2 kali pendampingan yang dilakukan secara luring. Hasil pelatihan menunjukkan rerata sebelum dilakukan pelatihan sebesar 51,10 sedangkan setelah pelatihan diperoleh rerata posttest sebesar 93,47. Hal ini membuktikan bahwa terdapat peningkatan rerata hasil test dari pelatihan yang diberikan. Jika dilihat dari signifikansi maka diketahui terdapat perbedaaan pengaruh yang bermakna dari sebelum dan sesudah pelatihan penerapan blended learning dengan metode flipped classroom. Dengan demikian pelatihan memiliki kontribusi dalam peningkatan pengetahuan dan praktik dalam mengoptimalkan kualitas pembelajaran pasca covid di SD Muhammadiyah Wonorejo.


Keywords


blended learning; flipped classroom; kualitas pembelajaran; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Acton, R., & Glasgow, P. (2015). Teacher wellbeing in neoliberal contexts: A review of the literature. Australian Journal of Teacher Education, 40(8), 99–114. https://doi.org/10.14221/ajte.2015v40n8.6

Aini, K. (2021). Kemandirian Belajar Mahasiswa melalui Blended Learning tipe Flipped Classroom pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Literasi Digital, 1(1), 42–49.

Chandra, C., Rahman, R., Damaianti, V. S., & Syaodih, E. (2021). Krisis Kemampuan Membaca Lancar Anak Indonesia Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Basicedu, 5(2), 903–910. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.848

Dalimunthe, R. R., Harahap, R. D., & Harahap, D. A. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPA Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1341–1348.

Dewantara, I. P. M. (2012). Identifikasi Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Viie Smpn 5 Negara Dan Strategi Guru Untuk Mengatasinya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 1(2). http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_bahasa/article/view/355

Fahmy, Z., Purwo Yudi Utomo, A., Edy Nugroho, Y., Tetty Maharani, A., Akhla Alfatimi, N., Izmi Liyana, N., Galih Kesuma, R., & Titi Wuryani, dan. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sastra Indonesia, 10(2), 121–126. https://doi.org/10.15294/jsi.v10i2.48469

Hidayah, N., & Mahmudah, F. N. (2021). Home Learning Pattern for Indonesian Elementary Students During Covid-19 Pandemic. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 13(1), 91–106. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v13i1.610

Izzatunnisa, L., Suryanda, A., Kholifah, A. S., Loka, C., Goesvita, P. P. I., Aghata, P. S., & Anggraeni, S. (2021). Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi dalam Proses Belajar dari Rumah. Jurnal Pendidikan, 9(2), 7–14. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i2.811

Mahmudah, F. N. (2021). Self-innovation guru dalam meningkatkan prestasi siswa pada masa pandemi COVID-19. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 119. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i1.4075

Mahmudah, F. N., & Putra, E. C. S. (2021). Tinjauan pustaka sistematis manajemen pendidikan: Kerangka konseptual dalam meningkatkan kualitas pendidikan era 4.0. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 43–53. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.33713

Nasaru, S. B. (2022). Blended Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Dengan Menggunakan Model Flipped Classroom. 13(Nomor 1), 102–113.

Nisrina, N., Jufri, A. W., & Gunawan, G. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 192–199. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1880

Rosdiana, L. A., Sunendar, D., & Damaianti, V. S. (2021). Tingkat Literasi Membaca Anak Selama Pembelajar Daring Saat Pandemi Covid-19. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 10(2), 161. https://doi.org/10.35194/alinea.v10i2.1420

Suttrisno. (2021). Analisis Dampak Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.190

Utomo, R. A. S., & Mahmudah, F. N. (2021). The Implementation of Distance Learning during the Covid-19 Pandemic. Madrasah, 13(2), 114–125. https://doi.org/10.18860/mad.v13i2.11330

Xie, J. (2021). The Effects of Boredom on EFL Learners’ Engagement. Frontiers in Psychology, 12(September), 10–13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.743313

Yuzulia, I. (2021). The Challenges of Online Learning during Pandemic: Students’ Voice. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 13(1), 08–12. https://doi.org/10.31294/w.v13i1.9759


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Vera Yuli Erviana, Laila Fatmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License