Pelatihan Aplikasi Pengelolaan Aset Lahan Parkir dan Pasar Desa Desa Bumireja Karangreja Cilacap

Beni Suhendra Winarso, tedy setiadi, rina ratih sudaryanti, savitri azahra

Abstract


Saat ini, pembangunan di Indonesia gencar diproritaskan pembangunan berbasis Desa. Untuk meningkatkan perekonomin pihak Desa mendirikan dan berupaya memberdayakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Desa Bumireja Cilacap mempunyai BUmdes  Karsa Mandiri yang ditujukan untuk meningkatkan perekonomian desa dengan  cara memaksimalkan potensi aset desa. Masalah yang ada, dalam menjalankan proses bisnisnya masih dilakukan manual sehingga membutuhkan waktu lama dan laporan sering yang tidak sesuai. Untuk itu, kami melakukan PkM dengan tujuan menerapkan aplikasi pengelolaan aset berbasis komputer untuk mengelola aset desa khususnya lahan desa dan pasar desa  sehingga lebih mudah dan mengurangi kesalahan yang ada.

            Tahapan PkM meliputi tahapan survei lokasi dengan melakukan wawancara dan forum grups diskusi dengan pengelola BUMDes. Pengembangan sistem dikerjakan oleh TIM, kemudian sosialialisasi, pelatihan aplikasi dan evaluasi pengujian oleh pengguna. Pelaksanaan kegiatan bulan Juni-Juli 2022.

            Hasil PkM diperolah pengelola BUMDes menyatakan puas dengan aplikasi yang dibuat karena memudahkan pekerjaan menangani lahan parkir dan pasar desa. Berdasarkan evaluasi pengguna, pihak Desa menerima baik aplikasi yang dikembangkan. Evaluasi lebih lanjut, pihak BUMDes  perlu mengoptimalkan proses bisnis yang lebih fokus mengelola aset yang dimiliki BUMDes daripada mengembangkan proses bisnis tambahan niaga karena terbatasnya SDM dan persaingan usaha yang ketat

Keywords


Aplikasi, pengelolaan, Lahan,Pasar Desa, BUMDes

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, & Harnaida, F. (2017). Sistem Informasi IT Asset Management Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter Pada PT. Aero Systems Indonesia (ASYST). Jurnal.Umj.Ac.Id, 8(1), 38–49. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/article/view/1766

Maghfira Baradi Ashfihisa. (n.d.). PENGARUH OPTIMALISASI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes), PENGELOLAAN ASET DESA DAN PERAN KINERJA MANAJERIAL PEMERINTAH DESA TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DESA (PADes) (Studi Empiris Pada Pemerintah Desa di Kabupaten Gunungkidul).

Mudiar, W., Hidayat, U., Informasi, S., & Informasi, S. (2019). Sistem Informasi Manajemen Asset Berbasis Web Pada Perbanas Institute. Information Management for Educators and Professionals, 4(1), E-ISSN: 2548-3331.

Peraturan Bupati Cilacap NOMOR 275 TAHUN 2018 TENTANG PEDOMAN TATA CARA PENDIRIAN DAN PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA. (2011). https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Subaidi, M., Muchsin, S., & Khoiron. (2019). Manajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) (Studi di Dusun Somber Desa Robatal Kecamatan Robatal Kabupaten Sampang). Jurnal Respon Publik UNISMA, 13(5), 24–31.

Hartati, S., & Wijaya, R. (2016). Implementasi Web Government Sebagi Media Informasi Potensi Desa Sukaraja. Technology Acceptance Model, 7, 1–6.

Muhammad Aziz, Tedy Setiadi, N. N. F. P. (2021). Pembuatan peta digital desa di Dusun Peundeuy Panulisan Barat Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 1411–1417.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616

Setiadi, T. A. T. (2015). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI KELURAHAN (SIK) DENGAN BERBASIS WEB. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, (Vol 3, No 2 (2015): Juni).

Wahyudi, H. S., & Sukmasari, M. P. (2014). Artikel Teknologi dan Kehidupan Masyarakat. Artikel Teknologi Dan Kehidupan Masyarakat, 3((1)), 1–12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Beni Winarso, tedy setiadi, rina ratih sudaryanti, savitri azahra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License