SDGs Class for Kids: Edukasi Kesadaran Energi dan Lingkungan Hidup Kepada Anak di Kawasan IKN Nusantara, Kalimantan Timur

Uni Wahyuni Sagena, Ocxynuel Panjaitan, Sarrah Nur Azizsyah, M Hasyim, Mohd Dino Khairri Sharifuddin

Abstract


Artikel ini bertujuan mendeskripsikan program pengabdian masyarakat melalui kampanye sadar energi dan lingkungan hidup sebagai bagian dari pilar Sustainable Development Goals (SDGs).  SDGs telah menjadi agenda tujuan global hingga tahun 2030 untuk mewujudkan kehidupan yang berkelanjutan. Program ini dipilih karena sebagian besar lapisan masyarakat masih banyak yang belum mengetahui tentang SDGs, terkhusus di wilayah kawasan Ibukota Negara Baru yakni Kelurahan Pemaluan, PPU, Kalimantan Timur. Mayoritas masyarakat dan pelajar belum mengetahui tentang SDGs. Hal ini tentunya akan mempengaruhi tercapainya tujuan-tujuan global yang ada dalam SDGs terutama yang berkaitan dengan pilar-pilar energi dan lingkungan. Anak sekolah dipilih untuk menanamkan kesadaran sejak dini, melalui edukasi intentif di sekolah   program pengabdian masyarakat yaitu SDGs Class for Kids. Edukasi diberikan melalui metode pembelajaran tatap muka secara berkala, dengan ceramah di kelas, storytelling, games, dan pembagian souvenir non-plastik.  Tujuan merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan dan menumbuhkan rasa peduli lingkungan melalui SDGs. Sosialisasi SDGs ini tentunya juga mendorong kesadaran sedari dini untuk siap menghadapi dan mencegah ancaman-ancaman kerusakan lingkungan yang harus dicegah dan diantisipasi demi target berkelanjutan yang ramah lingkungan selama proses pembangunan fisik besar-besaran berlangsung di Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Keywords


SDGs; Energi dan lingkungan; IKN Sepaku; pengabdian masyarakat

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2016). Potret Awal Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals). Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Bappenas.

Bappenas, SDGs. (2022). Sekilas SDGs. Retrieved from https://sdgs.bappenas.go.id/sekilas-sdgs/

Bappenas. Terjemahan Tujuan dan Target Global: Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs).

CNN. (2022). Walhi Beberkan 3 Masalah Krusial Lingkungan di Ibu Kota Negara Baru. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220113114142-20-746071/walhi-beberkan-3-masalah-krusial-lingkungan-di-ibu-kota-negara-baru.

Detik.com. (2021). 11 Langkkah Sederhana Untuk Menghemat Energi Dalam Kehidupan Sehari-hari. Retrieved from https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5753955/11-langkah-sederhana-untuk-menghemat-energi-dalam-kehidupan-sehari-hari

Ghany, Hafizah. (2018). Penyelenggaraan Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan Di Sekolah Dasar. Jurnal Madaniyah, 8(2), 186-198.

IBCSD. (2018). Gambaran Umum Pola Produksi dan Konsumsi yang Bertanggungjawab untuk Mendukung Pembangunan Berkelanjutan pada Komoditas Sawit, Kayu, Kakao dan Kopi. Retrieved from http://researchinstitute.penabulufoundation.org/wp-content/uploads/2019/11/43-Konsumsi-dan-Produksi-Berkelanjutan-di-4-Komoditas-IBCSD-2018.pdf

Ismail, M. Jen. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1),59-68.

Ishartono & S. Raharjo. (2016). Sustainable Development Goals (SDGs) DAN Pengentasan Kemiskinan. Social Work Jurnal, 6 (2), 154-272.

SDGs Indonesia. (2017). Sustainable Development Goals. Retrieved from https://www.sdg2030indonesia.org/

Sudiarawan. Et all. (2022). Pengurangan Pemakaian Sampah Plastik Sekali Pakai Bagi Generasi Muda Melalui Program Bring Your Tumbler Goes To School. Buletin Udayana Mengabdi, 21 (01), 53-59.

Suryani, Anih Sri. (2020). Pembangunan Air Bersih dan Sanitasi saat Pandemi Covid-19. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 11(02), 199-214. doi: 10.22212/aspirasi.v11i2.1757.

Tumiwa, Fabby. (2010). Strategi Pembangunan Indonesia Menghadapi Perubahan Iklim: Status dan Kebijakan Saat Ini. Jakarta: Friedrich-Naumann-Stiftung für die Freiheit.

UNDP. (2022). What are the Sustainable Development Goals? Retrieved from https://www.undp.org/sustainable-development-goals

UNDESA Sustainable Development. (2022). Do you know all 17 SDGs?. Retrieved from https://sdgs.un.org/goals

UNICEF Indonesia. (2019). Air, Sanitasi dan Kebersihan (WASH) Mewujudkan lingkungan yang bersih untuk hidup, bermain, dan belajar bagi anak-anak. Retrieved from https://www.unicef.org/indonesia/id/air-sanitasi-dan-kebersihan-wash

UII. (2022). Problematika Lingkungan dan Ekonomi Intai Pemindahan IKN. Retrieved from https://www.uii.ac.id/problematika-lingkungan-dan-ekonomi-intai-pemindahan-ikn/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Uni Wahyuni Sagena, Ocxynuel Panjaitan, Sarrah Nur Azizsyah, M Hasyim, Mohd Dino Khairri Sharifuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License