Peran Orang Tua Mewujudkan Insan Kamil Bagi Anak Pasca Pandemi

Yusutria Yusutria, Yusron Masduki, Abdul Hopid, Nisa Amalia Kholifah, Santi Mahmuda Urbaningkrum, Dzaky Fauzan Abid

Abstract


Pemanfaatan teknologi komputer dan media internet menjadi solusi dalam proses belajar di rumah bagi siswa selama wabah covid-19. Namun ada beberapa kendala yang dihadapi para orang tua pasca pandemi di Desa Sendangtirto, Kecamatan Berbah, kabupaten Sleman, Yogyakarta agar anak-anaknya menjadi Insan Kamil yang taat kepada Allah dan mengikuti sunnah Nabi serta berbakti kepada orang tuanya. Permasalahan yang dihadapi orang tua selama masa pandemi antara lain, 1). Kesulitan mengontrol anak dalam belajar, 2). Anak sering lalai sholat, 3). Kurangnya kontrol emosi orang tua dalam mendukung anak selama pembelajaran online, 4). Banyak anak yang melawan orang tuanya. 5). Anak-anak memainkan banyak permainan online dan dapat mengakses hal-hal yang tidak layak. Hal tersebut mempengaruhi kepribadian dan karakter anak pasca pandemi. Sehingga diperlukan upaya orang tua dalam membentuk karakter anaknya sehingga menjadi Insan Kamil pasca pandemi.

Tujuannya mewujudkan peran orangtua mewujudkan insan kamil bagi anak

pasca pandemi. Solusinya adalah dengan memberikan pencerahan diri, motivasi, pelatihan diri yang efektif. Penelitian ini adalah kualitatif bersifat deskriptif, perolehan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Jadwal kegiatan pengabdian mulai Jumat-Minggu tanggal 26-28 Agustus 2022, dengan peserta 35 orang. Adapun partisipasi mahasiswa yaitu penyebaran angket dan dokumentasi.

Hasil kegiatan adanya motivasi yang tinggi dari orangtua dalam mewujudkan insan kamil pasca pandemi, hal tersebut dilakukan dengan memperhatikan hak anak baik; hak kejelasan nasab, hak hidup, hak ASI, hal asuh, hak pendidikan, dan kepemilikan harta. Tentunya orangtua harus menempatkan diri baik sebagai figur, fasilitator, pembimbing, dan lain sebagainya sehingga karakter anak dapat terbentuk dengan baik dan terwujudnya insan kamil.


Keywords


Orangtua, Anak, Insan Kamil, Pasca Pandemi.

Full Text:

PDF

References


Al-Farabi, M. (2021). Profil Insân Kâmil Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Islamijah: Journal of Islamic Social Sciences, 2(1), 1–15.

Andrean, S. S. (2021). Kontribusi Keharmonisan Keluarga Dalam Perkembangan Keterampilan Sosial Siswa Kelas V Di Sdn Bangun Harjo. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(1), 31–40. https://doi.org/10.30599/jemari.v3i1.688

Aspi Nurillah Rahmawati, R. F. S. (2022). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga untuk Membentuk Akhlak Siswa. JSIM: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(2), 108–119.

Deswita, D. (2016). Pendidikan Berbasis Kecerdasan Ruhaniah (Membentuk Insan Paripurna/ Insan Al-Kamil). Ta’dib, 13(2), 186–196. https://doi.org/10.31958/jt.v13i2.190

Fatiha, N., & Nuwa, G. (2020). Kemerosotan Moral Siswa Pada Masa Pandemic Covid 19 : Meneropong Eksistensi Guru Pendidikan Agama Islam. ATTA’DIB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 1–17. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/attadib/article/view/945

Feranina, T. M., & Komala, C. (2022). Sinergitas Peran Orang Tua dan Guru dalam Pendidikan Karakter Anak. Jurnal Perspektif, 6(1), 1–12.

Hayati, A. S. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa Depokrejo. Tasyri’, 27(2), 23–32.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2O2O, 021, 1–20.

Khadijah, Esti Nurul Hasanah, Minta ito Ritonga, R. I. S. (2022). Keistimewaan Peran Moral Orang Tua Dalam Mendidik Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling Volume, 4(3), 1883–1886. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Lestari, R. R. (2019). Peran Orang Tua Dalam Membina Agama Anak Untuk Menunjang Keberhasilan Proses Pendidikan Siswa Kelas IV di SDN 01 Ujan Mas Kabupaten Kepahiang. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu.

Masrofah, T., Fakhruddin, F., & Mutia, M. (2020). Peran Orang Tua Dalam Membina Akhlak Remaja (Studi di Kelurahan Air Duku, Rejang Lebong-Bengkulu). TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 39. https://doi.org/10.30659/jpai.3.1.39-58

Mastura, & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 634.

Mulasi, S. (2021). Peran Madrasatul Ula Dalam Pembentukan Kecerdasan Spiritual Anak. Genderang Asa: Journal Of Primary Education, 2(1), 25–40.

Nur Utami, A. C., & Raharjo, S. T. (2019). Pola Asuh Orang Tua Dan Kenakalan Remaja. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 150. https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23131

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19), 1 (2020) (testimony of Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI).

Sukiman, Anik Budi Utami, Nanik Suwaryani, Puspa Safitrie, Adi Sutrisno, Aria Ahmad Mangunwibawa, S. (2016). Menjadi Orang Tua Hebat, Untuk Keluarga dengan Anak Usia SMA/SMK. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Syahrizal, Yusutria, dkk. (2020). Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi Umum. Insancendekia Mandiri, Solok.

Tulus Muthofa, A. A. P. (2022). Konsep Pendidikan Insan Kamil Dalam Perspektif QS. An-Nahl Ayat 78. Qolamuna : Jurnal Studi Islam, 08(1), 46–57.

Wahidin, H. A. &. (2022). Pola Pembinaan Pendidikan Karakter Bagi Anak Yang Ditinggal Merantau Orangtua. Jurnal Madaniyah, 12(1), 69–84.

Yasin, M. (2019). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Perspektif Islam. Jurnal Mubtadiin, 2(02), 78–92.

Yusutria, Yuzarion, Charles, Nurhasnawati, Y. (2022). Teacher Professionality Of Al-Islam And Kemuhammadiyahan (AIK) In Implementing Religious Values For Students At Muhammadiyah Nitikan Sd Yogyakarta During The Covid-19 Pandemic. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 1038–1054.

Yusutria, Yuzarion, Ibdal, Nisa Amalia Kholifah, Ikhsan Alfikri, E. A. (2021). Peran keluarga dalam meningkatkan pemahaman agama Islam bagi anak era pandemi di SD Muhammadiyah Kulonprogo. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 718–726.

Zakariyah, A., & Hamid, A. (2020). Kolaborasi Peran Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online di Rumah. Intizar, 26(1), 17–26. https://doi.org/10.19109/intizar.v26i1.5892


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yusutria Yusutria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License