Pelatihan Mengatasi Perundungan Melalui Konseling Kreatif Seni Visual

Hardi Prasetiawan, Mufied Fauziah

Abstract


Konseling kreatif (creative art) adalah penggunaan seni kreatif dalam proses konseling, atau bisa juga konseling dengan menggunakan media seni kreatif untuk mencapai tujuan dari konseling. Adapun Konseling dalam jenis ini yaitu memanfaatkan media seni yang digunakan untuk mengekspresikan iran dan perasaan konseli yang dirasa sulit untuk diungkapkan dan dimengerti hanya dengan komunikasi verbal biasa terutama dalam mengatasi perundungan. Seni kreatif sangat berpotensi untuk menunjang pelaksanaan layanan konseling terutama mengatasi perundungan. Perundungan atau yang sering disebut dengan (bullying) merupakan segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain, bertujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus. Pelatihan Konseling Kreatif Seni Visual ini merupakan suatu cara bagi para peserta didik (remaja) belajar bagaimana saling membantu antar remaja-remaja lainnya dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam mengatasi perundungan. Tujuan penggunaan modalitas seni visual dalam proses konseling juga membantu peserta didik untuk belajar mengeksplorasi perasaan terdalam yang tidak bisa terungkap melalui kata-kata. Pelatihan ini menjadi sebuah tawaran dan solusi oleh mitra sehingga dengan cara ini pelatihan konseling kreatif seni visual adalah sebuah simbol-simbol bahasa dalam mewakili perasaan dan konflik batin yang dialami oleh peserta didik.


Keywords


Konseling Kreatif, Seni Visual, Perundungan

Full Text:

PDF

References


Amini, T. Y. S. J. (2008). Bullying Mengatasi Kekerasan Di Sekolah Dan Lingkungan Sekitar Anak.

Astuti, A. D. (2017). Fenomena Geng Pada Remaja Usia Sekolah Menengah Pertama Dan Faktor Yang Mempengaruhi. 1, 10.

Elisabeth, C. (2020). Burnout Akademik Selama Pandemi Covid 19.

Farozin, M., Umam, S., Suwarjo, Nursalim, M., & Dkk, Dkk. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan (Pop) BK Di Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Fitri, R. P., & Oktaviani, Y. (2019). Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Kenakalan Remaja Pada Siswa-Siswi Man 2 Model Kota Pekanbaru Tahun 2018. Jomis (Journal Of Midwifery Science), 3(2), Article 2.

Gladding, S. T. (2012). Konseling: Profesi Yang Menyeluruh. Pt. Indeks.

Handaka, I. (2013). Applying Media Comic In Guidance And Counseling Service In Junior High School

Harpazi, S., Regev, D., Snir, S., & Raubach-Kaspy, R. (2020). Perceptions Of Art Therapy In Adolescent Clients Treated Within The School System. Frontiers In Psychology, 11,

Hurlock, E. B. (2015). Psikologi Perkembangan Edisi 5: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga, 2009.

Indonesia, D. (2003). Undang-Undang Rebuplik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidkan Nasional. Departemen Pendidikan Nasional.

Joubert, C., & Hay, J. (2019). Capacitating Postgraduate Education Students With Lay Counselling Competencies Via The Culturally Appropriate Bibliotherapeutic Read-Me-To-Resilience Intervention. South African Journal Of Education, 39(3).

Malchiodi, C. A. (2011). Handbook Of Art Therapy. Guilford Press.

Malchiodi, C. A. (2013). Expressive Therapies. Guilford Publications.

Malchiodi, C. A., & Crenshaw, D. A. (2015). Creative Arts And Play Therapy For Attachment Problems. Guilford Publications.

Mu’in, F. (2011). Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoretik & Praktik.

Oktaviyanti, I., Sutarto, J., & Atmaja, H. T. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Sosial Dalam Membentuk Perilaku Sosial Siswa Sd. 7.

Optimal Human Being: An Integrated Multi-Level Perspective—Kennon M. Sheldon—Google Books. (202)

Prasetiawan, H. (2016). Konseling Teman Sebaya (Peer Counseling) Untuk Mereduksi Kecanduan Game Online. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 1–13.

Prasetiawan, H., & Alhadi, S. (2019). Komik Strip Solusi Inovasi Gerakan Anti Bullying. Proceeding Of The Urecol, 310–315.

Reivich, K., & Shatté, A. (2002). The Resilience Factor: 7 Essential Skills For Overcoming Life’s Inevitable Obstacles. Broadway Books.

Rubin, J. A. (2005). Child Art Therapy, 25th Anniversary Edition | Wiley.

Santrock, J. W. (2014). Adolescence/John W. Santrock. Mcgraw Hill.

See, C. M. (2009). Innovations In Counseling.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hardi Prasetiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License