Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Digital Game-based Learning

Lovandri Dwanda Putra, Mukti Sintawati, Heni Siswantari

Abstract


Ujian atau ulangan sering kali menjadi hal yang menakutkan bagi siswa. Seringkali siswa merasa cemas saat mengerjakan ujian. Hal ini tentu berdampak bagi siswa dalam mengerjakan soal ujian. Siswa menjadi tidak tenang dan tidak fokus dalam mengerjakan soal ujian. Hal-hal seperti inilah yang harus menjadi perhatian guru untuk mengubah cara memberikan ujian/ulangan menjadi lebih menyenangkan. Oleh karena itu guru harus mampu berinovasi dalam menyajikan soal kepada Siswa. Salah satunya menggunakan Aplikasi Genially. Aplikasi Genially membantu guru menyajikan soal evaluasi atau soal ulangan dalam bentuk game/ permainan edukasi. Penyajian soal dalam bentuk permainan/ games digital dalam pembelajaran ini diharapkan dapat menurunkan kecemasan dan ketakutan siswa dalam mengerjakan soal ujian. Prodi Pendidikan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Ahmad Dahlan memberikan Workshop Pengembangan Bahan Ajar Digital Game-based Learning bagi Guru SD Muhammadiyah Semingin. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Semingin. Peserta kegiatan ini adalah Guru-Guru SD Muhammadiyah SD Muhammadiyah Semingin. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa-Rabu 5-6 Juli 2021. Guru-guru dilatih mengembangkan bahan ajar dan soal evaluasi menggunakan aplikasi Genially. Hasil Kegiatan ini, guru mampu mengembangkan soal dan menyajikannya dalam bentuk game.


Keywords


game, guru, siswa, ujian

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lovandri Dwanda Putra, mukti sintawati, Heni Siswantari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License