Pelatihan Pembelajaran Kreatif dengan Strategi Joyful Learning Bagi Guru di MI Muhammadiyah Sawangan Magelang

Hermanto Hermanto, Sudaryanto Sudaryanto, Toni Kus Indratno

Abstract


Pandemi covid 19 berdampak besar dalam tatanan kehidupan manusia, salah satu dampak yang dirasakan adalah dalam tatanan pendidikan. Proses adaptasi dari pembelajaran tatap muka dan beralih ke dalam pembelajaran dalam jaringan (daring) membutuhkan waktu yang cukup lama. Begitu pun sekarang ketika pandemi covid 19 sudah melandai dan pemerintah memberi kebijakan pembelajaran dilakukan secara tatap muka langsung di depan kelas tetap melewati masa adaptasi yang tentunya tidak sebentar. Oleh karena itu, pembelajaran berbasis joyful learning menjadi kebutuhan yang mendasar dalam menyamankan dan sebagai cara agar susasana pembelajaran lebih menyenangkan. Sehingga berdampak pada gairah belajar yang menyenangkan baik dilihat dariu sudut pandang pemelajar maupun pengajar. Tujuan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah 1) terlaksananya pelatihan dan pendampingan guru dalam pembelajaran berbasis joyfull learning bagi guru MI di Kecamatan Sawangan Magelang dan 2) dihasilkannya luaran pengabdian kepada masyarakat sebagai kewajiban catur dharma perguruan tinggi.
Metode pelaksanaan dilakukan secara langsung dengan memberikan ceramah, pelatihan, dan pendampingan. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 16 dan 30 Oktober 2022 di Balai Muslimin Kecamatan Sawangan Magelang Jawa Tengah. Subjek yang dimunculkan adalah guru MI Muhammadiyah di Kecamatan Sawangan sejumlah 15 orang guru, baik guru kelas rendah maupun guru kelas tinggi. Objek yang dimunculkan dalam kegiatan ini adalah pelatihan joyfull learning. Teknik pengambilan data dilakukan dengan angket tertutup yang dilakukan pada saat sebelum pelaksanaan dan setelah pelaksanaan atau bahasa lainnya dilakukan pos tes dan pre tes. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta kegiatan dengan materi yang disajikan oleh pengusung program.
Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan dalam pelatihan dan pendampingan pembelajaran kreatif berbasis joyfull leraning mendapatkan skor pre tes rata-rata sebesar 65 dan skor setelah perlakuan atau pos tes rata-tata sebesar 87, kemudian responden setuju bahwa mereka mampu mengembangkan joyfull learning dalam pembelajaran. Harapan yang diinginkan adalah kegiatan ini berjalan secara berkelanjutan dengan tema yang berbeda.


Keywords


Pembelajaran, kreatif, dan joyfull learning

Full Text:

PDF

References


Asmani, J. (2014). 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreati, Efektif, dan Menyenangkan). Jogjakarta: DIVA Press.

Daryanto dan Syiiful Karim. 2017. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Farahiba, Ayyu Subhi dan Emy Rizta Kusuma. 2022. Optimalisasi Pengelolaan Kelas Melalui Model Pembelajaran Joyfull Learning Berbasis Literasi di SMA Berbasis Pondok Pesantren. Jurnal Abdi Insani. Volume 9 Nomor 1 Juni 2021. Halaman 140-149.

Hamdani. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setio.

Jauhar, M. (2011). Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Konstruktivistik Sebuah Pengembangan Pembelajaran Berbasis CTL (Contextual Teaching & Learning). Jakarta: PrestasiPustakarya.

Marliana, Lia dan Suhertuti. 2018. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Rosda.

Marzuki. 2021. Joyful Learning: Strategi Alternatif Menuju Pembelajaran Menyenangkan. Jurnal Jawiyah. Volume 7. Nomor 1. Halaman 121-141.Mujinem, dkk. 2022. Pelatihan Penyusunan Desain Pembelajaran Menyenangkan Terintegrasi IT dalam Menunjang Pembelajaran Jarak Jauh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pelita. Volume 21 Nomor 1. Halaman 68-75.

Nurdiana, Riyandi, dkk. 2022. Pengaplikasian Joyful Learning pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Kapuas. Volume 1 Nomor 2 - Juni 2021. Halaman 131-136.

Ria Rahayu Pangestika, dkk. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Joyful Learning ada Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Volume 11. Nomor 1. Halaman 1849-1861.

Sugiman, dkk. 2020.Pemanfaatan media video dimensi tiga untuk menciptakan joyful learning di SLB Salatiga sebagai produk PKM Jurusan Matematika UNNES. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Halaman 482-488.

Umami, M. R., Suryadi B. U., dan Ashadi. (2016). Pengaruh Media Infografis Dan Poster Pada Pembelajaran Joyful Learning TerhadapPrestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Logika Pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Kelas XI IPA Semester GasalSMA Negeri Gondangrejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 5 (3),9-17.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hermanto Hermanto, Sudaryanto Sudaryanto, Toni Kus Indratno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License