Pembuatan Website Sistem Informasi Masjid dan Pelatihan Pengarsipan Dokumen Menggunakan Google Drive di Masjid Jami’ Karangkajen, Yogyakarta

Dwi Normawati, Nur Rochmah DPA, Anna Hendri Soleliza

Abstract


Digitalisasi masjid salah satu bentuk adaptasi masjid terhadap perkembangan teknologi digital. Hal ini tentunya dapat meningkatkan pelayanan kepada jama’ah. Masjid Jami’ Karangkajen belum bergerak ke arah digitalisasi dan belum memiliki sistem mengelola data dan informasi, seperti: kegiatan masjid, data jamaah, laporan keuangan, dan lainnya. Proses pengarsipan dan pelaporan dilakukan secara paper-based dengan MicrosoftExcel yang mempersulit proses pencarian data. Selain itu jama’ah harus datang ke masjid untuk melihat laporan keuangan dan jadwal kegiatan. Masjid Jami’ Karangkajen perlu melakukan digitalisasi melalui pemanfaatan sistem informasi masjid berbasis website.

Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) yang dilakukan yaitu pembuatan Sistem Informasi Masjid untuk media pengelolaan informasi, laporan, dokumen kegiatan Masjid, Penyuluhan dan pemanfaatan terhadap Sistem Informasi yang dibangun memudahkan pekerjaan administrasi para takmi. Pelatihan pengarsipan dokumen berbasis digital memanfaatkan GoogleDrive untuk memberikan keterampilan kepada takmir dalam mengelola, menyusun data agar lebih efektif efisien sehingga memudahkan dalam memberikan informasi kepada jama’ah.

Hasil PPM ini Sistem Informasi Masjid berbasis website yang menampilkan profile Masjid Jami’ Karangkajen serta yang dapat mengolah dan menampilkan laporan keuangan, kegiatan serta jadwal ibadah dan dakwah serta donasi amal yang  lebih mudah dan transparan. Dampak lain dari kegiatan ini adalah peningkatan penglolaan masjid melalui digitalisasi sehingga diharapkan mampu memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada para jama’ah Masjid.


Keywords


Sistem Informasi, Digitalisasi, Masjid

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 dwi normawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License