PENDAMPINGAN 5S DAN TATA LETAK FASILITAS GUNA PENGUATAN FUNGSI BUMKAL DALAM PENGELOLAAN SAMPAH MELALUI KONSEP SEDEKAH SAMPAH DI DESA MURTIGADING, BANTUL

Utaminingsih Linarti, Fatma Hermining Astuti, Dedi Wijayanti

Abstract


Pemerintah Kabupaten Bantul menggagas program Bantul Bersih Sampah (BERSAMA) 2025 dalam rangka mengatasi masalah persampahan yang volumenya selalu meningkat. Program ini melibatkan seluruh stakeholder secara masif, intensif dan berkelanjutan terutama kalurahan yang berfokus pada pengelolaan sampah sampai di tingkat rumah tangga. Berbagai upaya dilakukan denganmemberikan beberapa konsep realisasi percepatan. Seperti pemanfaatan dan pemfungsian nyata Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal). BUMKal sesuai dengan perannya diharapkan akan menjadi pusat pengelolaan ruang riset. Sehingga perlu penguatan baik pengetahuan dan ketrampilan pengelola yang nantinya akan mempraktekkan fungsi pengelolaannya. Pengetahuan tentang sedekah sampah, 5S dan tata letak fasilitas akan memberikan tambahan pengetahuan dan ketrampilan dalam pengelolaan sampah yang baik. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan melakukan sosialisasi mengenai 5S dan tata letak fasilitas yang dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus 2022 di Kalurahan Murtigading yang dihadiri sebanyak 20 anggota. Tanggal 4 September 2022 dilakukan pendampingan terkait materi sosialisasi yang telah dilakukan sosialisasi tanggal 9 Agustus 2022. Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan pengetahuan anggota dan juga laporan proses bisnis pengumpulan sampah dengan konsep sedekah sampah.

Keywords


5S; bersih sampah; BUMKal; tata letak fasilitas

Full Text:

PDF

References


K. Bantul, “Pemkab Bantul Launching Bantul Bersama dan DiKal,” Website Resmi Pemerintah Kabupaten Bantul, 2021.[Online]. Available: www.bantulkab.go.id/berita/detail/4759/pemkab-bantul-launching-bantul-bersamadan-dikal. [Accessed: 10-Feb-2022].

D. Bantul, “Launching Bantul Bersama (Bersih Sampah 2025),” Website Resmi Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bantul, 2021. [Online]. Available:https://dikpora.bantulkab.go.id/berita/410-launching-bantul-bersama-bersih sampah-2025. [Accessed: 10-Feb-2022].

A. Najib, “TPA Piyungan Overload, Pemkot Yogya Gelontor Dana Pengelolan Sampah Tiap Kelurahan,” iNewsYogya.id, 2022. [Online]. Available: https://yogya.inews.id/berita/tpa-piyungan-overload-pemkot-yogya-gelontor-dana- pengelolan-sampah/1. [Accessed: 15-Feb-2022]

Ard, “Dukung Gerakan Bantul Bersama, UAD Teken Kerja Sama dengan Pemkab Bantul,” News UAD, 2021. [Online]. Available: https://news.uad.ac.id/dukunggerakan -bantul-bersama-uad-teken-kerja-sama-dengan-pemkab-bantul. [Accessed: 10-Feb- 2022].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Utaminingsih Linarti, Fatma Hermining Astuti, Dedi Wijayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License