Pelatihan English For Specific Purpose (ESP) bagi Staf Rumah Sakit UAD

Resneri Daulay, Hana Farida, Ajar Pradika Ananta Tur

Abstract


Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang penting dikuasai untuk menunjang pekerjaan dan berkomunikasi, termasuk bagi para staf dan tenaga medis di Rumah Sakit. RS UAD merupakan sebuah rumah sakit yang terletak di Yogyakarta yang menjadi pusat wisata dan pendidikan sehingga ada banyak pasien yang datang dari berbagai daerah dan negara. Oleh karena itu, pelatihan bahasa inggris untuk staf rumah sakit (English for Specific Purpose) merupakan kegiatan yang perlu untuk dilakukan untuk menunjang kualitas pelayanan rumah sakit.

Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi para staf tersebut agar bisa secara luwes memberikan dan menyampaikan informasi terkait service and hospitality medis sehingga menghindari terjadinya kesalahpahaman dengan para pengunjung asing. Selain itu, penguasaan bahasa inggris juga memudahkan staf medis Rumah Sakit dalam mengakses ilmu terbaru yang dari jurnal-jurnal berbahasa inggris. Untuk mencapai hal itu, pemahaman konten lintas budaya pun juga ditekankan dalam proses pembelajaran. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu Tahapan Observasi, Tahap Sosialisasi dan Koordinasi, Tahap Pelaksanaan Pelatihan Percakapan dalam Bahasa Inggris, dan Pembuatan Luaran.

Target luaran yang akan dicapai dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah satu artikel ilmiah yang dipublikasikan melalui prosiding ber ISBN/ISSN, satu artikel pada media massa dan video kegiatan.

@font-face {font-family:"Cambria Math"; panose-1:2 4 5 3 5 4 6 3 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:roman; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:3 0 0 0 1 0;}@font-face {font-family:Calibri; panose-1:2 15 5 2 2 2 4 3 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:swiss; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:-469750017 -1073732485 9 0 511 0;}p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; margin-top:0cm; margin-right:0cm; margin-bottom:10.0pt; margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-ansi-language:EN-US;}.MsoChpDefault {mso-style-type:export-only; mso-default-props:yes; font-size:11.0pt; mso-ansi-font-size:11.0pt; mso-bidi-font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:Calibri; mso-fareast-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:Arial; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-ansi-language:IN;}.MsoPapDefault {mso-style-type:export-only; margin-bottom:10.0pt; line-height:115%;}div.WordSection1 {page:WordSection1;}

Keywords


English for Specific Purpose (ESP); staf dan tenaga medis; RS UAD

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Resneri Daulay, Resneri Daulay, Hana Farida, Ajar Pradika Ananta Tur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License